Nanti Sore, Rukyatul Hilal Penentuan Awal Ramadan Digelar di Pantai Pedalen

www.inikebumen.net KEBUMEN - Badan Hisab dan Rukyat Daerah (BHRD) Kebumen bersama Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen akan melakukan rukyatul hilal di Pos Observasi Bulan (POB) Pantai Pedalen Desa Argopeni, Kecamatan Ayah, nanti sore, Selasa 15 Mei 2018.
Ilustrasi
Tim ahli BHRD Kebumen, Ma'rufin Sudibyo, mengatakan rukyatul hilal untuk menentukan awal Ramadan digelar nanti sore karena bertepatan dengan 29 Sya'ban. Tenggelamnya matahari saat maghrib akan dihitung sebagai hari ke-29 dan melihat munculnya bulan sabit sebagai penentu jatuhnya bulan ramadan atau tanggal 1 Hijriah. Jika bulan sabit muda pertama belum terlihat maka akan digenapkan 30 hari.

"Kemungkinan besar tidak terlihat," tutur Ma'rufin Sudibyo, Senin pagi.

Ia memprediksi awal Ramadan akan jatuh pada Kamis 17 Mei 2018. Namun, untuk memastikan jatuhnya tanggal 1 Ramadan, pihaknya juga menunggu sidang itsbat yang dilakukan Kementerian Agama pusat.

Bukan hanya BHRD Kebumen yang melakukan rukyatul hilal di POB Pedalen. BHRD dari kabupaten lain yang belum memiliki lokasi pengamatan hilal ideal juga melakukannya ditempat ini, seperti BHRD Cilacap, Banjarnegara, Wonosobo dan Purbalingga.(*)
Powered by Blogger.