Sepakat dengan Eksekutif, Pansus DPRD: 21 Agustus 1629 Hari Jadi Kebumen yang Baru

www.inikebumen.net KEBUMEN - Perubahan Hari Jadi Kabupaten Kebumen tinggal selangkah lagi. Sebab, Panitia Khusus (Pansus) I DPRD Kebumen, yang membahas Raperda Perubahan Hari Jadi Kebumen telah menyelesaikan hasil kerjanya.
Sepakat dengan Eksekutif, Pansus DPRD: 21 Agustus 1629 Hari Jadi Kebumen yang Baru
Pansus pembahas Raperda Perubahan Hari Jadi menyampaikan laporannya pda Rapat Paripurna DPRD Kebumen, Senin 30 April 2018.
Melalui Rapat Paripurna DPRD Kebumen, Pansus yang dipimpin oleh Miftahul Ulum itu merekomendasikan Selasa Wage bertepatan 1 Sura atau 21 Agustus 1629 menjadi Hari Jadi Kabupaten Kebumen yang baru.

Miftahul Ulum, yang juga Wakil Ketua DPRD Kebumen, menyampaikan rekomendasi tersebut atas dasar peristiwa berangkatnya Ki Ageng Bodronolo ke Batavia untuk membantu penyerangan Sultan Agung ke 2.

Selain itu, alasan itu juga diperkuat dengan adanya nama Kebumen sudah tertera dalam Peta Lama Kebumen yang dibuat oleh Pemerintah Hindia Belanda pada tahun 1629.
Keterlibatan Ki Ageng Bodronolo dalam membantu perjuangan Sultan Agung menyediakan perbekalan sebanyak 15.000 pasukan, merupakan peristiwa heroik yang dapat menjadi tauladan dan semangat patriotisme.

"Sebelum finalisasi, kami telah mengkaji dari dokumen perpustakaan nasional, studi pustaka Pusat Studi Kebudayaan UGM dan Peta Lama Kebumen," ujar politisi PKB ini.

Meski Pansus I DPRD Kebumen telah memberikan rekomendasi, namun perubahan Hari Jadi Kabupaten Kebumen akan diputuskan oleh masing-masing fraksi yang ada di DPRD Kebumen. Delapan fraksi akan memberikan keputusannya pada hari ini, Rabu 2 Mei 2018 melalui Rapat Paripurna DPRD.(adv)
Powered by Blogger.