Tak Lama Lagi, Kebumen Bakal jadi Tujuan Wisatawan

www.inikebumen.net KEBUMEN - Adanya Festival Desa Wisata 2018 di Alun-alun Kebumen, diharapkan akan mengangkat potensi wisata yang ada di Kabupaten Kebumen. Sehingga melalui festival tersebut diharapkan akan semakin mengenalkan obyek-obyek wisata yang dikelola oleh masyarakat.
Tak Lama Lagi, Kebumen Bakal jadi Tujuan Wisatawan
Pengunjung Festival Desa Wisata berswafoto menggunakan properti di salah satu stand.
Pj Sekda Mahmud Fauzi, menuturkan desa wisata dan kelompok sadar wisata akan terus dibina. Hal ini dilakukan agar dapat berperan lebih aktif dalam menggerakkan partisipasi warga.

"Khususnya dalam mewujudkan suasana dan lingkungan yang kondusif bagi tumbuh dan berkembangnya pariwisata disekitar obyek wisata," kata Mahmud Fauzi, saat membuka Festival Desa Wisata Kabupaten Kebumen 2018, di Alun-alun Kebumen, Jumat 4 Mei 2018.

Menurutnya, Kabupaten Kebumen dalam waktu dekat berada dalam segitiga infrastrukstur transportasi. Yaitu bandara baru di Jogjakarta, Pelabuhan di Cilacap dan Bandara di Purbalingga. "Kebumen juga dilintasi rel ganda kereta api sehingga dapat menjadi daya dukung dan daya ungkit pariwisata yang ada," ungkapnya.

Lebih jauh Fauzi mengatakan, di Kabupaten Kebumen sendiri, pengembangan desa wisata menjadi salah satu program unggulan. Dalam mengembangan desa wisata, pemerintah daerah menekankan pula pentingnya daya dukung budaya lokal yang lekat pada suatu desa.

"Budaya lokal memiliki andil cukup besar sebagai daya tarik wisata yaitu sebesar 60 persen, faktor alam 35 persen dan sentuhan tangan manusia sebesar 5 persen," imbuhnya.

Sementara itu, Festival Desa Wisata sendiri selain bertujuan untuk memamerkan paket wisata sekaligus sebagai ajang perlombaan antar desa wisata. Adapun tim juri sejumlah tiga orang dari kalangan profesional.

Penilaian meliputi apresiasi seni, paparan paket, dan stand terbaik. Adapun hadiah yang diperebutkan yakni trophy dan uang pembinaan untuk juara 1 Rp 10 juta, juara 2 Rp 7 juta, juara 3 Rp 6 juta, harapan I Rp 5 juta, harapan II Rp 4 juta, dan harapan III Rp 2 juta.

Festival Desa Wisata digelar selama tiga hari. Yakni mulai Jumat hingga Minggu, 4-6 Mei 2018. Sedikitnya ada 16 desa mengikuti festival yang baru pertama kali digelar di Kabupaten Kebumen tersebut.(*)
Powered by Blogger.