Header Ads

H-5 Pilgub Jateng, KPU Kebumen Distribusikan Logistik ke Kecamatan

www.inikebumen.net KEBUMEN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kebumen mulai mendistribusikan kotak suara dan surat suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jateng 2018, Jumat pagi 22 Juni 2018. Pendistribusian logistik ini dilakukan lima hari menjelang Pilgub Jateng 27 Juni mendatang.
H-5 Pilgub Jateng, KPU Kebumen Distribusikan Logistik ke Kecamatan
Pekerja menata kotak suara yang akan didisitribusikan ke PPK di Kabupaten Kebumen.
Dengan menggunakan enam truk, 2.559 kotak suara yang berisi surat suara hingga bilik suara diberangkatkan dari dua gudang milik KPU Kabupaten Kebumen. Yaitu Gudang yang berada di belakang Gedung KPU dan gudang di Jalan Kejayan Desa Murtirejo, Kecamatan Kebumen.

Ketua KPU Kabupaten Kebumen, Paulus Widyantoro, menjelaskan, pihaknya menjadwalkan tiga hari dalam mendistribusikan ribuan kotak suara dan surat suara tersebut ke dua puluh enam Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Kabupaten Kebumen.

"Kita jadwalkan mulai hari ini, 22-24 Juni. Kita yakin tiga hari selesai," kata Paulus Widyantoro, di Kantor KPU Jalan Arungbinang Kebumen, Jumat pagi.

Ia menegaskan, logistik Pilgub Jateng tersebut didistribusikan karena lima hari sebelum hari pencoblosan (hari H) harus sudah diterima di masing-masing PPK. Selanjutnya, logistik harus sudah berada di Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tingkat desa/kelurahan H-3 pencoblosan. Serta harus sudah diterima masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS) H-1 pencoblosan.

Pendistribusian itu, dikawal dua polisi dari Polres Kebumen dan staf KPU Kabupaten Kebumen. Hal ini dilakukan untuk menjaga kemungkinan-kemungkinan terjadinya hal yang tidak dikehandaki. "Semua logistik sudah siap seratus persen," tegasnya.

Paulus menambahkan, pada Pilgub Jateng 2018 setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) hanya menggunakan satu kotak suara. Sedangkan jumal surat suara di masing-masing jumlahnya sesuai dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT), ditambah cadangan 2,5 persen. 

Adapun jumlah DPT Pilgub Jateng 2018 di Kabupaten Kebumen sebanyak 1.052.520 pemilih. Jumlah itu tersebar di 2.559 TP di 449 desa dan 11 kelurahan yang tersebar di 26 kecamatan.(*)
Powered by Blogger.