Jelang Lebaran Harga Kepokmas di Kebumen Naik, Tapi Dinilai Masih Wajar

www.inikebumen.net KEBUMEN - Mendekati Hari Raya Lebaran, harga kebutuhan pokok masyarakat di sejumlah pasar tradisional di Kebumen mengalami kenaikan. Namun, kenaikannya tidak signifikan.
Jelang Lebaran Harga Kepokmas di Kebumen Naik, Tapi Dinilai Masih Wajar
Plt Bupati Kebumen Yazid Mahfudz dan Kapolres Kebumen AKBP Arief Bahtiar saat meninjau Pasar Tumenggungan Kebumen.
Pantauan Satgas Pangan Kebumen, Selasa 12 Juni 2018, harga ayam potong yang pada awal Ramadan semula Rp 35.000 per kg naik menjadi Rp 37.000- Rp 38.000 per kg.

Harga cabe rawit, sebelumnya Rp 28.000-Rp 30.000 per kg, naik menjadi Rp 40.000- Rp 42.000 per kg. Sedangkan, elpiji 3 kg yang sebelumnya Rp 18.000 per tabung naik menjadi Rp 24.000.

"Meski mengalami kenaikkan, stok ayam potong dan cabe rawit diprediksi mampu memenuhi permintaan pasar hingga pasca lebaran," kata Kasatgas Res Pangan AKP Aji Darmawan, yang juga Kasat Reskrim Polres Kebumen.

Menurut Aji, ada beberapa kebutuhan pokok masyarakat di Kebumen mengalami kenaikan. Namun masih terbilang wajar.

Terkait dengan harga elpiji 3 kg dan mengalami kelangkaan, Aji menduga karena meningkatnya permintaan di pasaran. "Semakin banyak permintaan yang tidak diimbangi stok barang, barang jadi langka," jelasnya.

Lebih jauh AKP Aji Darmawan mengatakan, adanya Satgas Pangan sangat besar sekali dampaknya bagi para konsumen. Pihaknya bisa datang langsung ke pasar, dan mengecek langsung harga dan stok barang.

"Tujuannya dibentuk Satgas Pangan itu, untuk mengetahui perkembangan terkini Harga Kebutuhan. Tugasnya setiap hari mengecek perkembangan harga kebutuhan pokok masyarakat," tutupnya.

Satgas Pangan ini terdiri dari Polres Kebumen, Bulog, Disperindag, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, serta Dinas Kelautan dan Perikanan.(*)
Powered by Blogger.