Header Ads

Kebumen Berduka! Perancang Monumen Kemit Tutup Usia

www.inikebumen.net KEBUMEN - Perancang monumen perjuangan Kemit, Tan Giok Twan atau yang lebih dikenal Teguh Twan, meninggal dunia dalam usia 79 tahun.
Kebumen Berduka! Perancang Monumen Kemit Tutup Usia
Mendiang Perancang Monumen Kemit, Tan Giok Twan (kaos merah), foto bersama dengan penulis Teguh Hindarto. (foto: http://historyandlegacy-kebumen.blogspot.com)
Warga Jalan Pemuda Nomor 33 Kebumen ini meninggal di Semarang, pada Minggu 17 Juni 2018 sekitar pukul 19.05 WIB.

Saat ini jenazah disemayamkan di Gedung Yayasan Penolong Kematian Tri Dharma Kebumen. Rencananya jenazah akan mendapat penghormatan terakhir pagi ini, Rabu 20 Juni 2018 pukul 10.00 WIB dan akan dimakamkan di Bong Pejagoan.

Pria yang lahir pada 1939 itu meninggalkan tiga orang anak, enam cucu dan satu orang cicit. Semasa hidupnya, lulus Akademi Seni Rupa Indonesia tahun 1960 mendedikasikan diri sebagai pelukis dan pemahat.

Penulis asal Kebumen, Teguh Hindarto, melalui blog pribadinya http://historyandlegacy-kebumen.blogspot.com, menceritakan pada tahun 1973, Teguh Twan mendapatkan tugas dari Bupati Kebumen untuk membuat sebuah monumen perjuangan, yakni Monumen Kemit.

"Pengerjaan dimulai pada tahun 1974 dan diselesaikan pada tahun 1975. Biaya pengerjaan monumen tersebut diperkirakan sekitar Rp 5-7 juta," tulis Teguh Hindarto. pada blog tersebut.

Selain Monumen Kemit di Karanganyar, Teguh Twan juga terlibat dalam pembuatan Tugu Lawet bersama sang arsitek Suko.(*)
Powered by Blogger.