Header Ads

Pilgub Jateng, Ganjar-Taj Yasin Kalah Telak di Kebumen

www.inikebumen.net KEBUMEN - Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Ganjar Pranowo-Taj Yasin kalah telak di Kabupaten Kebumen. Padahal Kebumen termasuk "kandang banteng" di Jawa Tengah.
Pilgub Jateng, Ganjar-Taj Yasin Kalah Telak di Kebumen
KPU tayangkan real count Pilgub Jateng di Aula KPU di Jalan Arungbinang Kebumen.
Berdasarkan real count hasil pemungutan dan penghitungan suara untuk Pilgub Jateng di KPU Kabupaten Kebumen, hingga Kamis pukul 01.30 dini hari. Ganjar-Taj Yasin memperoleh 184.673 suara atau 42,08 persen. Sementara Sudirman Said-Ida Fauziyah jauh unggul dengan meraup 254.167 suara atau 57,92 persen.

Namun, perolehan suara tersebut baru 65,88 persen dari 2.529 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada di Kabupaten Kebumen.

"Karena berdasarkan form C-1 dari TPS, maka data yang masuk ke KPU memang agak lambat," kata Ketua KPU Kebumen, Paulus Widyantoro, di Kantor KPU.

Paulus Widyantoro, menegaskan rekapitulasi perolehan suara sementara bukan menjadi hasil resmi yang dikeluarkan KPU Kebumen. Karena hasil resmi rekapitulasi suara dihasilkan dalam rapat pleno secara berjenjang dari tingkat kecamatan hingga kabupaten.

"Ini demi memberikan informasi awal saja. Kita tidak tampilkan seluruhnya," ucap Paulus.

Hitung sementara tersebut, kata Paulus, hanya ditampilkan hingga 80 persen dari hasil perolehan suara. Adapun data yang ditampilkan merupakan hasil scan formulir C-1 dari TPS. "Jadi basisnya bukan per kecamatan, tetapi dari TPS yang sudah masuk ke KPU," jelasnya.

Paulus menegaskan, hasil hitung sementara itu bukan menjadi patokan perolehan suara Pilgub Jateng 2018 di Kebumen. Hasil pastinya baru akan diketahui dari rapat pleno rekapitulasi suara pada 29 Juni di tingkat kecamatan, sedangkan di tingkat kabupaten digelar pada 4 Juli mendatang.(*)
Powered by Blogger.