Header Ads

Banyak Potensi Belum Tergali Optimal, Pemkab Kebumen Gelar Rakor Kerjasama Daerah

www.inikebumen.net KARANGANYAR - Pemkab Kebumen menggelar rakor kerjasama daerah di Hotel Candisari Karanganyar, Selasa 3 Juli 2018. Rakor tersebut sebagai upaya peningkatan pelayanan publik atau pun penyelesaian permasalahan di Kabupaten Kebumen.
Banyak Potensi Belum Tergali Optimal, Pemkab Kebumen Gelar Rakor Kerjasama Daerah
Pj Sekda Kebumen Mahmud Fauzi, membuka Rakor Kerjasama Daerah di Hotel Candisari Karanganyar.
Penjabat Sekretaris Daerah (Pj Sekda) Kebumen, Mahmud Fauzi, mengatakan kerjasama, baik antar daerah maupun dengan pihak lain menempati posisi penting dalam pelaksanaan pembangunan daerah.

"Ini menjadi kebutuhan pemerintah daerah dalam upaya mewujudkan program-program pembangunan," kata Mahmud Fauzi, saat membuka rakor tersebut.

Ia memaparkan, pelaksanaan kerjasama daerah masih menemui hambatan. Diantaranya perangkat regulasi dan prosedur yang belum dipahami, ketidaksiapan struktur kelembagaan kerja yang menangani kerjasama daerah. Serta banyak potensi di daerah yang sebenarnya bisa dikerjasamakan namun belum tergali secara optimal.

"Oleh karena itu, perlu kesamaan pemahaman terhadap peraturan penyelenggaraan kerjasama daerah. Juga komunikasi intensif antar aparatur penyelenggara untuk mengatasi permasalahan bersama," ujarnya.

Menurutnya, yang perlu diperhatikan dalam melaksanakan kerjasama daerah adalah harus berpegang pada prinsip kerjasama daerah. Diantaranya efisiensi dan efektivitas dengan mengutamakan kepentingan nasional dan keutuhan wilayah NKRI.

"Rakor ini saya nilai penting dan strategis karena untuk meningkatkan pemahaman tentang kerjasama sebagai metode inovatif dalam meningkatan kualitas dan cakupan pelayanan publik," bebernya.

Selain itu, juga  meningkatkan pemahaman terkait tahapan pelaksanan kerjasama, kesepakatan bersama atau perjanjian kerjasama sampai dengan pengakhiran kerjasama daerah.

"Tujuan lainnya adalah memberikan informasi terkait Kebijakan, Potensi dan dampak kerjasama daerah. Sehingga nantinya, jumlah kerjasama daerah antara pemerintah kabupaten dengan pihak lainnya dapat meningkat," tutupnya.(*)
Powered by Blogger.