Jelang Keberangkatan, Calon Haji Kebumen Kumpulkan Koper - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

Jelang Keberangkatan, Calon Haji Kebumen Kumpulkan Koper

www.inikebumen.net KEBUMEN - Dua hari sebelum calon jamaah haji asal Kabupaten Kebumen berangkat menuju Embarkasi Donohudan, Boyolali, seluruh koper mereka dikumpulkan di Aula Kementerian Agama (Kemenag) Kebumen, Rabu 18 Juli 2018.
Jelang Pemberangkatan, Calon Haji Kebumen Kumpulkan Koper
Jamaah Calon Haji Kebumen mulai mengumpulkan koper sebelum diberangkat pada Jumat besok.
Koper-koper yang tiba di Aula Kemenag langsung didata sesuai daftar jamaah dan dipisahkan berdasarkan kloternya. Usai diperiksa, koper-koper itu akan langsung dikirim ke Embarkasi Donohudan pada malam harinya dan tiba lebih dulu dibanding pemiliknya.

Jumlah koper dari Kebumen itu sebanyak 1.216 buah sesuai jumlah calon haji yang akan berangkat ke Tanah Suci dari lima kloter, yakni kloter 15, 16, 17, 18 dan 19. Untuk memudahkan pencarian, setiap calon haji diberikan identitas khusus seperti pita atau tanda kain.

Banyak cara calon haji mengamankan barang-barangnya di Tanah Suci. Sejumlah calon haji menandai koper mereka dengan menempelkan berbagai aksesoris unik agar tidak tertukar dengan koper calon haji lain.

Informasi yang dihimpun di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen, hampir setiap tahun ada saja calon haji yang menandai koper mereka dengan berbagai aksesoris unik seperti foto, boneka, alas kaki, bunga kertas, ikat kepala dan pernak-pernik lain yang mudah dikenali oleh jamaah bersangkutan.

Petugas tidak melarang calhaj menempelkan berbagai aksesoris unik untuk memudahkan mengenali koper, asalkan barang tersebut tidak kategori benda-benda tajam dan dilarang. Sesuai aturan memang calon haji tidak diperbolehkan membawa berbagai benda tajam dan benda cair yang dapat membahayakan penerbangan.

Sementara itu, jamaah calon haji asal Kabupaten Kebumen pada musim haji tahun ini akan mulai diberangkatkan ke tanah suci, besok Jumat 20 Juli 2018. Yakni Kloter 15 akan diberangkatkan pada pukul 06.00 WIB. Kloter ini mengangkut calon haji asal Kebumen sebanyak 118 orang.

Kemudian, Kloter 16 dengan 355 calon haji dijadwalkan akan diberangkatkan pada pukul 10.00 WIB. Kloter 17 diberangkatkan pada hari yang sama pukul 14.00 WIB. Kloter ini membawa 355 orang asal Kebumen.

Sedangkan, Kloter 18 yang membawa 355 orang berangkat Sabtu 21 Juli 2018 pukul 04.00 WIB dan Kloter 19 berangkat 21 Juli pukul 08.00 WIB. Rencananya, seluruh rombongan calon haji akan diberangkatkan dari halaman Pendopo Bupati Kebumen.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen, Imam Tobroni, mengatakan jumlah warga Kabupaten Kebumen yang dijadwalkan bakal berangkat haji tahun ini mencapai 1.216 orang. Dari jumlah itu terdiri dari 610 laki-laki dan 606 calon haji perempuan.

Berdasarkan pendidikan calon haji asal Kebumen tahun ini didominasi lulusan SD sebanyak 463 orang. Disusul lulusan SMA 318 orang, S1 sebanyak 200 orang, SMP 155 orang, D2 sebanyak 88 orang dan S1 sebanyak 15 orang. "Calon jamaah yang berasal dari PNS mendominasi sebanyak 303 orang, petani 302 orang, pedagang 202 orang, swasta 181 orang," kata Imam Tobroni.(*)
Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>