Sempat Vakum Empat Tahun, Festival Ebleg Kebumen Kembali Digelar - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

Sempat Vakum Empat Tahun, Festival Ebleg Kebumen Kembali Digelar

www.inikebumen.net KEBUMEN - Sebanyak 20 peserta mengikuti Festival Ebleg Kebumen Aji 2018 di halaman Gedung DPRD Kebumen, Minggu 15 Juli 2018. Mereka berasal dari grup kesenian kuda lumping yang ada di Kabupaten Kebumen.
Sempat Vakum Empat Tahun, Festival Ebleg Kebumen Kembali Digelar
Salah satu peserta festival ebleg saat tampil pada festival yang diselenggarakan di halaman DPRD Kebumen, Minggu 15 Juli 2018.
Ketua Dewan Kesenian Daerah (DKD) Kabupaten Kebumen, Pekik Sat Siswonirmolo, mengatakan Festival Ebleg Kebumen Aji 2018 digelar setelah sempat vakum sejak 2014 lalu.

Festival ini diselenggarakan oleh Komunitas Ebleg Kebumen Aji (EKA) bekerjasama dengan DKD Kabupaten Kebumen.  

"Festival ini sebagai keinginan tulus kami untuk tetap melestarikan kesenian tradisional. Ini sekaligus menjadi tolok ukur seberapa besar ebleg di Kebumen," kata Pekik Sat Siswonirmolo, pada sambutannya.

Acara yang dibuka oleh Plt Bupati Kebumen Yazid Mahfudz, itu dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Kebumen Miftahul Ulum, Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporawisata) Azam Fatoni, Staf Ahli Bupati RAI Ageng Susilo Handoko, Kabag Pemerintahan Setda Kebumen Asep Nurdiana. Serta sejumlah seniman dan budayawan Kebumen.

Plt Bupati Kebumen Yazid Mahfudz, menyampaikan festival ebleg mendukung pembangunan senin, budaya dan sekaligus pariwisata di Kabupaten Kebumen.

"Kabupaten Kebumen kaya dengan seni dan budaya. Salah satunya adalah ebleg, yakni sebuah seni yang bila digali mengandung nilai luhur," kata Yazid Mahfudz, saat membuka acara tersebut.(*)


Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>