Header Ads

Sumur-sumur Mengering, Warga Alian Terpaksa Gunakan Air Sungai yang Kotor

www.inikebumen.net ALIAN - Warga Desa Krakal, Kecamatan Alian, terpaksa menggunakan air sungai yang tidak layak untuk keperluan sehari-hari. Hal itu lantaran sebagian besar sumur warga di desa ini mengering sejak dua bulan terakhir.
Sumur-sumur Mengering, Warga Alian Terpaksa Gunakan Air Sungai yang Kotor
Warga Desa Krakal, Kecamatan Alian, memanfaatkan air sungai untuk mandi dan mencuci pakaian.
Salah satu warga setempat, Siti Faujiah, mengatakan untuk kebutuhan mandi dan mencuci pakaian, warga memanfaatkan sisa air di sungai terdekat yang ada di desa tersebut.

Airnya pun sudah surut, jika pun masih tersisa sudah tidak mengalir. Melainkan air yang menjadi genangan, yang sudah tidak layak digunakan.

"Terpaksa karena memang sumur warga kering nggak ada airnya," kata Siti Faujiah, Sabtu siang 14 Juli 2018.

Warga berharap, Pemkab Kebumen secepatnya mengirimkan bantuan air bersih. "Kami minta pemerintah secepatnya membangun sumur air bersih atau program program air bersih lainnya," ungkapnya.

Ketua RT 03 RW 08 desa setempat, Mustolik,  mengungkapkan kekeringan bukan hanya terjadi kali ini saja. Namun setiap musim kemarau warga terus mengalami kekeringan.

Warga setempat sudah berkali-kali melalukan permohonan kepada pemerintah untuk segera membangun jaringan air bersih. Namun, hingga saat ini belum terealisasi.

"warga berharap pembangunan sumber air bersih segera dilaksanakan karena warga memang sangat membutuhkannya," tandasnya.(*)
Powered by Blogger.