1.129 Warga Kebumen Bekerja di Luar Negeri

www.inikebumen.net KARANGANYAR - Jumlah warga Kabupaten Kebumen yang bekerja di luar negeri sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI) sebanyak 1.129 orang.
1.129 Warga Kebumen Bekerja di Luar Negeri
Plt Bupati Kebumen Yazid Mahfudz, membuka kegiatan pemberdayaan bina keluarga TKI di Hotel Candisari Karanganyar.
Ribuan warga Kebumen itu merupakan TKI resmi dari total 148.285 TKI legal dari berbagai daerah di Indonesia yang bekerja di luar negeri.

Plt Bupati Kebumen Yazid Mahfudz, mengatakan Kabupaten Kebumen masuk dalam daftar 25 daerah yang paling banyak mengirimkan TKI ke luar negeri. TKI asal Kabupaten Kebumen yang bekerja di luar negeri didominasi oleh Tenaga Kerja Wanita (TKW).

"Angka ini cukup tinggi, sehingga menggambarkan bahwa di Kabupaten Kebumen masih banyak masyarakat yang perekonomiannya bergantung pada buruh migrant," kata Yazid Mahfudz, saat membuka kegiatan pemberdayaan bina keluarga TKI di Hotel Candisari Karanganyar, Jumat 3 Agustus 2018.

Kegiatan pemberdayaan itu dalam rangka ketahanan keluarga (community parenting) dan pemenuhan hak anak. Yazid Mahfudz, berharap seluruh TKI Kebumen meningkatkan kualitas hidup perekonomian keluarga. Namun harus juga memahami dan memperhatikan pemenuhan hak-hak anak yang ditingalkannya.

Kegiatan tersebut diharapkan dapat terbangun keluarga yang tak hanya berkualitas secara ekonomi. Akan tetapi dapat menciptakan keluarga yang harmonis, terpenuhinya hak-hak anak, serta terjaminnya keamanan dan keselamatan pekerja migran Kebumen di negara manapun.

"Saya juga minta kepada perusahaan jasa pengelola tenaga kerja di Kebumen agar benar-benar dapat memberikan jaminan kenyamanan dan keamanan tenaga migran asal Kebumen di sejumlah negara," pintanya.

Hadir mendampingi Plt Bupati, Kepala Dispermades dan P3A Kebumen Moh Amirudin, Kepala Dinas Kesehatan Kebumen Y Rini Kristiani, Kabid Ketenagakerjaan Luar Negeri Kementerian PPPA RI.(*)
Powered by Blogger.