Hari ini, Tiga Calon Sekda Kebumen Dikonsultasikan ke Gubernur

www.inikebumen.net KEBUMEN - Seleksi terbuka jabatan untuk posisi Sekretaris Daerah (Sekda) Kebumen sudah hampir final. Dari tujuh orang yang mengikuti seleksi sampai akhir, tiga diantaranya telah dinyatakan lolos oleh tim panitia seleksi.
Hari ini, Tiga Calon Sekda Kebumen Dikonsultasikan ke Gubernur
Tiga Pejabat Lolos Seleksi Calon Sekda Kebumen
Ketiganya yakni Ahmad Ujang Sugiono (Kepala Dinas Pendidikan), Siti Kharisah (Sekretaris DPRD) dan Widiatmoko (Asisten Administrasi Sekda Kebumen).

Hal itu diketahui dari pengumuman resmi yang diunggah Badan Kepegawaian Pelatihan dan Pendidikan Daerah (BKPPD) Kabupaten Kebumen di laman resmi kepegawaian.kebumenkab.go.id pada 18 Agustus kemarin. Pengumuman hasil seleksi terbuka JPT Pratama Sekda Kabupaten Kebumen Nomor 11/PANSEL.JPT.KBM/VIII/2018, Pansel merekomendasikan tiga nama calon.

Kepala BKPPD Kabupaten Kebumen, Supriyandono, menjelaskan setelah diumumkan tiga nama tersebut akan segera dikonsultasikan kepada Gubernur Jawa Tengah. "Rencananya Senin (hari ini) kita akan langsung dikonsultasikan ke Gubernur," kata Supriyandono, Sabtu 18 Agustus 2018.

Aturan tersebut, kata Supriyandono, sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2017. Pasal 127 ayat 3 menyebutkan khusus untuk pejabat pimpinan tinggi sekretariat daerah kabupaten/kota sebelum ditetapkan oleh bupati/walikota dikoordinasikan dengan gubernur.

Menurutnya, bukan hanya dikonsultasikan dengan gubernur. Namun, tiga nama itu juga akan dikonsultasikan ke Kementerian Dalam Negeri. Sebab, posisi bupati saat ini masih dijabat oleh Pelaksana Tugas (Plt). "Ketentuannya seperti itu," ucapnya.

Supriyandono, belum dapat memastikan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melakukan konsultasi tersebut. Sehingga dirinya belum bisa mengatur jadwal pelantikan Sekda terpilih nantinya.

Untuk diketahui, pada masa pendaftaran Seleksi Terbuka Jabatan Tinggi Pratama Sekda Kebumen lalu ada sembilan ASN mendaftarkan diri. Kesembilan orang itu, yakni Moh Amirudin (Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak). Y Rini Kristiani (Kepala Dinas Kesehatan), Ahmad Ujang Sugiyono (Kepala Dinas Pendidikan), Azam Fatoni (Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata).

Kemudian, Siti Kharisah (Sekretaris DPRD), Dwi Suliyanto (Kepala Dinas Tenaga Kerja Koperasi dan UKM), dan Widiatmoko (Asisten Administrasi Sekda).

Selanjutnya, Pengawas SMK Balai Pendidikan Menengan dan Khusus Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Tengah, Warjan. Serta Kabid Ketertiban Umum dan Ketenteraman Masyarakat Satpol PP Kebumen, Dr Suratno. Namun, Suratno akhirnya dinyatakan tidak lulus administrasi sebagai pendaftar calon sekretaris daerah (sekda) Kabupaten Kebumen.

Sehingga hanya delapan orang yang berhak mengikuti seleksi selanjutnya. Namun secara mengejutkan, Kepala Disporawisata Azam Fatoni, mengundurkan diri dari seleksi pada tahapan uji gagasan tertulis atau penulisan makalah. Sehingga hanya tujuh peserta yang mengikuti seleksi hingga tahapan terakhir. Pansel pun mengumumkan tiga nama yang diusulkan ke Plt Bupati Kebumen menjadi calon sekda pada Sabtu 18 Agustus 2018.(*)

Powered by Blogger.