Header Ads

Karnaval Pembangunan, MIN 1 Kebumen Angkat Tema "Madrasah Berbasis Tahfid"

www.inikebumen.net KEBUMEN - Karnaval pembangunan yang diselenggarakan Pemkab Kebumen setiap peringatan Proklamasi Kemerdekaan RI dimanfaatkan berbagai institusi untuk menyosialisasikan programnya kepada masyarakat.
Karnaval Pembangunan, MIN 1 Kebumen Angkat Tema "Madrasah Berbasis Tahfid"
MIN 1 Kebumen berpartisipasi dalam karnaval peringatan HUT ke-73 Proklamasi Kemerdekaan RI, yang diselenggarakan pada Sabtu 18 Agustus 2018.
Seperti yang dilakukan Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Kebumen dalam karnaval peringatan HUT ke-73 Proklamasi Kemerdekaan RI, yang diselenggarakan pada Sabtu 18 Agustus 2018. Menggunakan dua mobil hias, dalam karnaval tersebut MIN 1 Kebumen mengangkat tema "Madrasah Berbasis Tahfid".

Menurut Wakil Kepala Bidang Kurikulum MIN 1 Kebumen, Widyastuti, tema tersebut diangkat untuk menyosialisasikan program madrasahnya yang berbasis tahfid (hafalan Al Qur'an).

"Tahfid dirintis sejak dari kelas 1. Tiap semester harus hafal minimal 5 surat dengan makhraj (cara melafalkan) dan tajwid (cara mengucapkan) yang benar," jelas Widya.

Selanjutnya, Widya menambahkan, bagi peserta didik yang sudah bisa hafal tidak perlu menunggu lainnya, langsung meningkat pada surat berikutnya, dimulai dari juz 30.

"Untuk ini ada guru tahfid khusus, dan program hafid dilaksanakan setiap hari pada pukul 07.00 sampai 08.00 WIB. Harapannya pada saat klas 6 semua peserta didik wajib hafal juz 30," imbuhnya.

Suasana madrasah juga dikondisikan untuk menunjang program tahfid. Antara lain dengan membaca surat Yasin setiap Jum'at pagi. Khusus untuk Jum'at ke-4 dilaksanakan mujahadah di aula, yakni membaca surat Yasin dan tahlil bersama.

"Masuk ke lingkungan madrasah juga sudah diperdengarkan murotal quran sejak pukul 06.00 setiap harinya, sebelum kegiatan tahfid dimulai," lanjut Widya.

Program madrasah berbasis tahfid diharapkannya semakin melengkapi keunggulan MIN 1 Kebumen sebagai MIN model yang syarat prestasi. Widyastuti sendiri, tahun lalu tercatat sebagai Guru PPKN Berprestasi tingkat Jawa Tengah dan menjadi Finalis Anugerah Konstitusi tingkat Nasional.

Bagi yang menyaksikan karnaval pembangunan kemarin bisa melihat mobil hias MIN 1 Kebumen dengan beberapa slogan menarik. Seperti ajakan "Ayo ke Madrasah", "Menciptakan Generasi Qur'ani", "Madrasah Hebat" dan "Madrasah Bermartabat".(*)

Powered by Blogger.