Header Ads

Rayakan Idul Adha, 25 Peserta Ramaikan Lomba Tabuh Bedug di Alun-alun Kebumen

www.inikebumen.net KEBUMEN - Sebanyak 25 peserta mengikuti lomba tabuh bedug dalam rangka memeriahkan hari raya Idul Adha 1439 H di Alun-alun Kebumen, Selasa 20 Agustus 2018.
Rayakan Idul Adha, 25 Peserta Ramaikan Lomba Tabuh Bedug di Alun-alun Kebumen
Peserta lomba tabuh bedug unjuk kebolehan pada lomba tabuh bedug dalam rangka memeriahkan Hari Raya Idul Adha 1439 H di Alun-alun Kebumen, Selasa 21 Agustus 2018.
Selain untuk memeriahkan perayaan hari raya Idul Adha, lomba yang diselenggarakan oleh Pemkab Kebumen, ini juga sebagai ajang untuk meningkatkan kreatifitas seni Islami.

Dari 25 peserta yang mengikuti lomba merupakan perwakilan dari masing-masing kecamatan yang ada di Kabupaten Kebumen. Satu kecamatan absen tidak mengirimkank perwakilannya. Lomba tersebut dibuka Pj Sekda Mahfudz Fauzi

Acara yang dimulai sejak pagi itu berlangsung meriah. Satu persatu grup penabuh bedug menampilkan kebolehannya di panggung yang sudah disediakan panitia.

Setiap peserta diberi kesempatan lima belas menit untuk membawakan dua lagu wajib, yaitu takbiran dan lagu Kebumen Beriman. Tak hanya lagu wajib setiap peserta juga wajib membawakan sejumlah lagu pilihan. Setiap penampilan peserta juga wajib membawakan takbir.

Para peserta pun terlihat antusias. Kreatifitas para peserta terlihat dalam membawakan lagu tema Islami dengan hanya diiringi, gamelan, rebana dan bedug. Sorak-sorai para pendukung menambah semangat peserta.

Aksi mereka dinilai oleh lima dewan juri, yang akan menentukan juaranya. Adapun penilian didasarkan pada lima poin, meliputi harmonisasi dan kreatifitas musik yang dibawakan, kekompakan, ketepatan waktu, vokal, penjiwaan serta artikulasi.

Kabag Kesra Setda Kebumen Wahib Tamam, menjelaskan dari jumlah peserta yang mengikuti lomba dipilih juara 1, 2, dan 3. Selain itu, harapan 1, 2, dan harapan 3. "Untuk para juara, panitia memberikan penghargaan dan piala. Bagi juara pertama mendapatkan piala bergilir," ujarnya.

Dari hasil penilaian dewan juri, peserta yang keluar sebagai juara I yaitu Kecamatan Gombong, juara II Kecamatan Alian dan juara III Kecamatan Adimulyo.

Sedangkan, harapan I diraih Kecamatan Sruweng, harapan II Kecamatan Kebumen dan harapan III Kecamatan Mirit. Selain mendapatkan tropi, para pemenang tersebut juga mendapat uang pembinaan, juara I Rp 3 juta, juara II Rp 2,5 juta, juara III Rp 2 juta. Harapan I Rp 1,5 juta, harapan II Rp 1,250 juta, dan harapan III Rp 1 juta.

Tak hanya lomba tabuh bedug, hari raya Idul Adha di Kabupaten Kebumen juga dimeriahkan acara gema takbir di tempat yang sama pada malam harinya.(*)
Powered by Blogger.