Header Ads

Rusak Akibat Abrasi, Pemkab Kebumen Bakal Tata Ulang Pantai Suwuk

www.inikebumen.net PURING - Plt Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz, meninjau langsung kondisi obyek wisata Pantai Suwuk yang porakporanda akibat abrasi, Senin 13 Agustus 2018. Peninjuan itu dilakukan Plt Bupati usai mengikuti Rapat Paripurna di DPRD Kebumen.


Rusak Akibat Abrasi, Pemkab Kebumen Bakal Tata Ulang Pantai Suwuk
Plt Bupati Kebumen Yazid Mahfudz, meninjau objek wisata Pantai Suwuk yang porak poranda akibat diterjang ombak besar.
Ikut mendampingi Kepala Dinas Kepemudaan OLahraga dan Pariwisata (Disporawisata) Azam Fatoni, Kepala Pelaksana BPBD Kebumen Eko Widianto dan Kabag Pemerintahan Setda Kebumen Asep Nurdiana.

Yazid Mahfudz, mengatakan untuk mengantisipasi kejadian serupa dimasa mendatang, Pemkab Kebumen bakal menata ulang obyek wisata tersebut. Termasuk penataan kios pedagang dan fasilitas pendukung lainnya minimal 200 meter dari bibir pantai. "Sehingga tidak lagi terjadi seperti ini," tegasnya.

Rencana penataan ulang tersebut bakal dimulai pada 2019 mendatang dengan membuat Detail Engineering Design (DED). Sedangkan, pembangunannya bisa dmulai pada tahun berikutnya.

Abrasi menggerus Pantai Suwuk, obyek wisata milik Pemkab Kebumen di Desa Tambakmulya, Kecamatan Puring, Senin 13 Agustus 2018. Hanya dalam kurun waktu dua hari, abrasi telah merobohkan lima kios milik pedagang pantai tersebut. Selain itu juga mengancam 90 kios lainnya yang letaknya berdekatan.

Tak hanya itu hempasan ombak ganas pantai selatan itu juga mengikis jalan paving selebar hampir enam meter. Serta memporakporandakan talud sepanjang 350 meter.

Pengelola Obyek Wisata Pantai Suwuk Yahyo, mengatakan ombak besar sebenarnya telah terjadi sejak pertengahan Juli lalu. Namun, mengakibatkan abrasi hebat pada Senin 13 Agustus 2018 pagi sekitar pukul 09.00 WIB. "Semua warung kita kosongkan karena tempatnya sudah sangat membahayakan," kata Yahyo.

Kepala Disporawisata Azam Fatoni, menambahkan kerugian akibat bencana tersebut mencapai lebih dari Rp 3 miliar. Hal ini lantaran kios dan fasilitas lainnya dibangun oleh Pemkab Kebumen. "Untuk angka pastinya belum kita hitung," ujarnya.

Selain di Pantai Suwuk, objek wisata Pantai Petanahan juga mengalami nasib serupa. Namun, di Pantai Petanahan tidak separah di Pantai Suwuk. Abrasi di Pantai Petanahan merusak satu toilet dan sejumlah warung warga roboh. Talud sepanjang 200 meter juga ikut habis dikikis ombak.(*)
Powered by Blogger.