Kinerjanya Tak Optimal, Plt Bupati Diminta Copot Siti Kharisah sebagai Sekretaris DPRD Kebumen

www.inikebumen.net KEBUMEN - DPRD Kabupaten Kebumen meminta Bupati Kebumen mencopot Siti Kharisah dari jabatannya sebagai Sekretaris DPRD. Hal itu lantaran kinerja Siti Kharisah dinilai tidak optimal.
Kinerjanya Tak Optimal, Plt Bupati Diminta Copot Siti Kharisah sebagai Sekretaris DPRD Kebumen
Sekretaris DPRD Kebumen Siti Kharisah (dua dari kiri), didampingi para Kabag di DPRD Kebumen pada rapat kerja Komisi A.
Rekomendasi itu sesuai hasil Rapat Kerja Komisi A DPRD Kebumen, dengan agenda evaluasi kinerja Sekretariat DPRD, kepegawaian, dan tupoksi Sekretariat DPRD, Rabu 12 September 2018.

Rapat tersebut dihadiri oleh sejumlah Anggota Komisi A, Sekretaris DPRD Siti Kharisah, para Kabag di lingkungan DPRD, perwakilan inspektorat, BPKAD, Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daeran, Bappeda, Bagian Hukum Setda dan Bagian Organisasi Setda Kebumen.
 
Sekretaris Komisi A DPRD Kebumen, Aksin, menegaskan pihaknya merekomendasikan kepada Plt Bupati Yazid Mahfudz, agar mencopot Siti Kharisah dari jabatannya sebagai Sekretaris DPRD.

Menurutnya, rekomendasi tersebut didasarkan atas penilaian kinerja Siti Kharisan, selaku Sekretaris DPRD (Sekwan) yang tidak optimal. Bahkan dalam menjalankan tugasnya terkadang melampaui batasnya sebagai sekretaris DPRD. "Selain kinerja, Sekwan juga membuat suasana yang kurang kondusif di lingkungan dewan," ungkap politisi Partai Demokrat ini.

Aksin mengungkapkan, selama ini sering terjadi ketidakharmonisan hubungan antara Sekwan dengan anggota DPRD terkait beberapa hal yang substansial. Dia berpendapat rekomendasi itu disampaikan untuk perbaikan dan percepatan kinerja DPRD. "Salah satu upaya yang harus dilakukan dengan mengganti Sekwan," tegasnya.

Selain itu, Komisi A juga meminta penambahan Pegawai Negeri Sipil (ASN) yang ditugaskan di Sekretaris DPRD. Kemudian, meminta inspektorat melakukan audit Sekretariat DPRD agar lebih akuntabel. Serta meminta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait agar menyusun standar pelayanan penyelenggaraan pemerintahan.

Terpisah, Plt Bupati Kebumen Yazid Mahfudz, mengaku sudah menerima laporan rekomendasi pencopotan Siti Kharisah sebagai Sekretaris DPRD. Gus Yazid (sapaan akrabnya) mengaku tidak mempermasalahkan dengan rekomendasi itu. "Itu hal yang biasa. Itu kan aspirasi," kata Gus Yazid, Kamis 13 September 2018.

Meski telah mendapat laporan, namun Gus Yazid masih belum mau menanggapi rekomendasi tersebut. Termasuk nasib Siti Kharisah, yang saat ini menjadi salah kandidat Sekretaris Daerah Kabupaten Kebumen.(*)
Powered by Blogger.