Empati Korban Bencana Sulteng, Kodim Kebumen Gelar Doa Bersama

www.inikebumen.net KEBUMEN - Kodim 0709 Kebumen menggelar doa bersama untuk bangsa dan korban bencana di Palu, Sigi dan Donggala Sulawesi Tengah. Doa bersama itu diselenggarakan di Serambi Masjid Agung Kauman Kebumen, Rabu pagi 10 Oktober 2018.
Empati Korban Bencana Sulteng, Kodim Kebumen Gelar Doa Bersama
TNI dari Kodim 0709 Kebumen mengikuti doa bersama di Serambi Masjid Agung Kauman Kebumen.
Doa bersama yang dipimpin oleh KH Nasirudin Al Mansyur itu dihadiri oleh Wakil Bupati Yazid Mahfudz, Ketua DPRD Cipto Waluyo, Komandan Kodim 0709 Kebumen Letkol Inf Zamril Piliang. Pj Sekda Mahmud Fauzi, pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Kebumen, serta ratusan prajurit TNI, Polri, dan organisasi kemasyarakatan.

Letkol Inf Zamril Piliang, mengatakan aksi itu dilakukan sebagai bentuk empati terhadap para korban bencana alam gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah. "Kita berdoa untuk saudara kita semoga tabah menghadapi cobaan," kata Zamril Piliang.

Apalagi saat ini korban akibat bencana alam itu telah mencapai lebih dari 2.000 orang meninggal dunia, dan ribuan lainnya luka-luka. "Kepada korban yang meninggal semoga diberikan tempat yang layak disisiNya. Sementara yang ditinggalkan semoga diberi kesabaran ketabahan dan keiklasan," tuturnya.

Disisi lain, Dandim berdoa agar Kabupaten Kebumen dijauhkan dari berbagai bencana alam. Terlebih Kabupaten Kebumen juga merupakan termasuk daerah yang rawan bencana. "Semoga kita dijauhkan dari bencana alam," ujarnya.

Hal senada dikatakan Wakil Bupati Kebumen Yazid Mahfudz. Gus Yazid (sapaan akrabnya) mengajak masyarakat Kabupaten Kebumen, khususnya di yang berada di pesisir selatan waspada terhadap kemungkinan terjadinya bencana. "Namun demikian jangan termakan berita hoaks," tegasnya.

Pada kesempatan itu, juga dilakukan penggalangan dana yang diikuti oleh seluruh peserta acara doa bersama. Hasil dari penggalangan dana itu nantinya akan disalurkan kepada korban bencana di Sulawesi Tengah.
Empati Korban Bencana Sulteng, Kodim Kebumen Gelar Doa Bersama
KH Nasirudin Al Mansyur memimpin doa bersama untuk korban bencana Palu dan sekitarnya di Serambi Masjid Kauman Kebumen.
Sebelumnya, Polres Kebumen juga melakukan aksi empati terhadap korban bencana Sulawesi Tengah. Polres Kebumen menggelar shalat gaib untuk korban bencana gempa dan tsunami Sulawesi Tengah di Lapangan Tenis Mapolres Kebumen, Jumat (5/10) pekan lalu.

Ratusan polisi tampak memenuhi area lapangan tenis. Shalat gaib juga dihadiri Wakapolres Kebumen Kompol Prayuda Widiatmoko. Bertindak sebagai imam Ketua PCNU Kebumen yang juga Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Kebumen Moh Dawamudin.

Prayuda Widiatmoko, menuturkan bencana alam tsunami dan gempa bumi di Sulawesi Tengah menyisakan duka mendalam. Ribuan korban dikabarkan meninggal dunia, serta ratusan lainnya diperkirakan masih belum ditemukan dan masih dalam proses pencarian.

"Kita sebagai umat muslim mempunyai cara tersendiri menyampaikan duka cita. Yakni dengan menggelar doa bersama dan shalat ghaib," kata Waka Polres Kebumen Kompol Prayuda Widiatmoko.

Ia bersama jajaran Polres Kebumen berdoa agar para korban jiwa di Sulawesi karena bencana alam tsunami dan gempa bumi itu, mendapat tempat terbaik di sisi Tuhan.(*)
Powered by Blogger.