Header Ads

Pemkab Kebumen Luncurkan Aplikasi Sitapak Guru

www.inikebumen.net KEBUMEN - Dinas Pendidikan Kabupaten Kebumen meluncurkan Aplikasi Sistem Penetapan Angka Kredit Jabatan Fungsional Guru (Sitapak Guru). Peluncuran ditandai dengan penekanan tombol enter oleh Wakil Bupati Yazid Mahfudz di Ruang Rapat Dinas Pendidikan Kebumen, Selasa 30 Oktober 2018.
 Pemkab Kebumen Luncurkan Aplikasi Sitapak Guru
Wakil Bupati Kebumen Yazid Mahfudz, melaunching Aplikasi Sitapak Guru di Kantor Dinas Pendidikan Kebumen, Selasa 30 Oktober 2018.
Kabid Administrasi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Dinas Pendidikan Kebumen, Farita Listiati, menjelaskan aplikasi ini diharapkan dapat diketahui berapa jumlah guru yang sudah mengusulkan dan belum mengusulkan Penetapan Angka Kredit (PAK).

"Sehingga tidak ada lagi guru terlambat dalam pengusulan Angka Kredit di setiap tahunnya," terang Farita Listiati, usai acara peluncuran aplikasi tersebut.

Selain itu, kata dia, diharapkan setelah aplikasi ini diterapkan tidak terjadi lagi penumpukan penetapan angka kredit untuk satu orang guru sampai lebih dari satu periode.

"Walaupun penetapan Angka Kredit guru dibuat setiap tahun sekali sesuai dengan Periode Penilaian 1 Juli-30 Juni dan 1 Januari-31 Desember, namun masih saja ada guru yang terlambat," ujarnya.

Ia mengungkapkan, saat ini perbandingan jumlah guru dan tim penilai penetapan angka kredit sangat jauh. Untuk itu aplikasi ini, sangat membantu mempercepat pelaksanaan penilaian dan penetapannya termasuk penertiban administrasi.

Aplikasi Sitapak Guru mempunyai lima fitur untuk membantu penetapan angka kredit. Yakni tracking usulan, permohonan usulan, pengantar usulan, pengantar PAK dan penilaian PAK.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Kebumen Yazid Mahfud, menyampaikan Dinas Pendidikan merupakan OPD yang mengelola ASN dengan jumlah besar. Untuk itu diperlukan langkah strategis dalam pelayanan.  Termasuk pelayanan kepegawaian kepada pendidik dan tenaga kependidikan, yaitu pelayanan tepat waktu, tepat mutu dan tepat administrasi.

"Adanya aplikasi ini digunakan untuk memfasilitasi guru untuk mengusulkan angka kredit tepat waktu. Sehingga akan berimbas pada kenaikan pangkatnya tepat waktu juga," kata Yazid Mahfudz.

Gus Yazid berharap, para guru terlayani dengan baik, sehingga kinerjanya juga semakin meningkat. Outputnya dapat mencetak siswa didik yang berkualitas. Karena Sumber daya Manusia yang berkualitas adalah asset bangsa yang tidak ternilai.

"Saya mengajak seluruh OPD untuk terus mengembangkan inovasi. Agar tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat dapat semakin cepat dan murah," tandasnya.

Hadir pada acara tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Kebumen Ahmad Ujang Sugiono, Plt Kabag Humas Setda Kebumen Asep Nurdiana, serta guru dan kepala UPT Dinas Pendidikan se- Kabupaten Kebumen.(*)
Powered by Blogger.