Header Ads

147 Pendekar Tapak Suci Kebumen Ikuti Ujian Kenaikan Tingkat

www.inikebumen.net SEMPOR - Sebanyak 147 pendekar Tapak Suci Putera Muhammadiyah Kebumen mengikuti Ujian Kenaikan Tingkat (UKT) di Desa Sampang, Kecamatan Sempor, Sabtu-Minggu, 3-4 November 2018.
147 Pendekar Tapak Suci Kebumen Ikuti Ujian Kenaikan Tingkat
Para siswa Perguruan Tapak Suci Putera Muhammadiyah Kebumen mengikuti Ujian Kenaikan Tingkat di Sempor.
Acara rutin satu tahun sekali yang diselenggarakan Pimpinan Daerah (Pimda) 03 Tapak Suci Putera Muhammadiyah Kebumen itu untuk mengukur ketercapaian penguasaan materi pencak silat pada jenjangnya masing-masing.

Rangkaian kegiatan fisik dimulai dengan long march, dari SMP Muhammadiyah Sempor di Desa Sampang, Kecamatan Sempor, menuju Bumi Perkemahan Lemah Rata, Desa Sirkandi, Kecamatan Purworejo Klampok, Kabupaten Banjarnegara.

"Kurang lebih perjalanan ditempuh dalam waktu satu jam," terang Sekretaris PD Pemuda Muhammadiyah Kebumen Heri Pramono.

Menurut Heri Pramono, untuk jenjang siswa ditandai dengan sabuk kuning, siswa satu dengan tanda mawar satu, siswa dua tanda mawar dua dan seterusnya sampai 4 mawar.

Sementara untuk kader atau pelatih sabuknya warna biru, sedangkan pendekar sabuknya warna hitam. "Materi kegiatan UKT terdiri dari ujian al Islam, ujian jurus dan fisik," terang Heri.

Selanjutnya ujian jurus dilaksanakan di Bumi Perkemahan Lemahrata. "Hasil UKT akan diumumkan sepekan kemudian," imbuhnya.

Sebelum pelaksaanaan UKT Ketua Pimda 03 Tapak Suci Putra Muhammadiyah Kebumen, Durori, mengingatkan kepada semua siswa tentang moto Tapak Suci, "Dengan iman dan akhlak saya menjadi kuat, tanpa iman dan akhlak saya menjadi lemah. Kekuatan Tapak Suci ada pada akhlaknya. Apalah artinya kita kuat secara fisik, jika akhlaknya buruk?," kata dia.

Durori juga berpesan agar para siswa giat berlatih dan berusaha meraih prestasi sampai ajang yang setinggi-tingginya.(*)

Powered by Blogger.