Header Ads

Buka MTQ Pelajar, Asisten Sekda Provinsi Jateng Sebut MTQ Tak Hanya untuk Mengukir Prestasi

www.inikebumen.net KEBUMEN - Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Pelajar ke-33 Tingkat Provinsi Jawa Tengah 2018 dibuka oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Heru Setyadi, di Pendopo Rumah Dinas Bupati Kebumen, Senin malam, 12 November 2018.
 Buka MTQ Pelajar, Asisten Sekda Provinsi Jateng Sebut MTQ Tak Hanya untuk Mengukir Prestasi
Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Heru Setyadi, membuka MTQ Pelajar ke-33 Provinsi Jawa Tengah di Pendopo Rumah Dinas Bupati Kebumen, Senin malam, 12 November 2018.
Hadir pada pembukaan itu, Wakil Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz, Ketua MUI Jawa Tengah Ahmad Daroji, Ketua LPTQ Jawa Tengah Farhani, Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Kebumen. Serta sejumlah pejabat lainnya.

Dalam sambutannya, Heru Setyadi, menyampaikan MTQ Pelajar ke-33 Tingkat Provinsi Jawa Tengah tak sekadar untuk mengukir prestasi. Tetapi juga untuk memperkuat ukhuwah islamiyah.

"Selain itu untuk meningkatkan keimanan serta ketaqwaan para pelajar dengan mencintai Alqur'an," kata Heru Setyadi.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Bupati Kebumen KH Yazid Mahfud mengucapkan selamat datang bagi seluruh peserta lomba. Yazid Mahfudz berpesan agar melakukan yang terbaik.

Sementara itu, Sekda Kebumen Ahmad Ujang Sugiono, dalam laporannya menjelaskan MTQ Pelajar ke-33 Tingkat Provinsi Jawa Tengah 2018 berlangsung 12 hingga 15 November 2018.

Peserta yang mengikuti acara ini mencapai 770 peserta pelajar SD/MI, SLTP/MTs dan SLTA/SMK/MA dari 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah.

"Setiap kafilah maksimal mengirimkan 22 peserta. Sehingga diperkirakan peserta yang akan mengikuti MTQ pelajar di Kebumen mencapai 770 orang," terangnya.

Adapun cabang musobaqoh pada MTQ tersebut, yakni tartil alquran putra dan putri yang akan dipusatkan di Aula SMP Negeri 1 Kebumen dan SMA Negeri 1 Kebumen. Cabang tilawah alquran putra dan putri dipusatkan di Aula SMP Negeri 1 Kebumen dan SMP Negeri 7 Kebumen.

Kemudian, cabang hafidz alquran untuk SMP/MTs dipusatkan di Aula SMP Negeri 2 Kebumen. Sedangkan, tahfidz alquran 5 juz dan tilawah alquran SMA/SMK/MA putra putri di Aula Kementerian Agama Kabupaten Kebumen.

Selain memperebutkan piala bergilir dari Gubernur Jawa Tengah, kata dia, pemenang MTQ Pelajar tingkat Jawa Tengah ini nantinya juga menjadi duta Jawa Tengah dalam musabaqah tingkat nasional.

Selama berlangsungnya MTQ, juga akan digelar bazar UMKM di Alun-alun Kebumen. "Pada saat pembukaan juga akan digelar pawai ta'aruf dari seluruh peserta," tutupnya.

Sebelum pembukaan, pada pukul 15.00 WIB digelar pawai ta'aruf dari seluruh peserta MTQ Pelajar. Sebanyak 35 perwakilan kabupaten/kota di Jawa Tengah akan mengikuti pawai di dalam Kota Kebumen.(*)

Powered by Blogger.