Header Ads

Dihadiri SBY, Gus Faiq Resmi jadi Penerus Mursyid Thoriqoh Syadziliyyah

www.inikebumen.net KEBUMEN - Muhammad Faiq Alhunaiv Musyaffa' resmi menjadi penerus Mursyid Thoriqoh Syadziliyyah menggantikan KH Musyaffa' Ali yang tutup usia pada Rabu, 14 November 2018 lalu.
Dihadiri SBY, Gus Faiq Resmi jadi Penerus Mursyid Thoriqoh Syadziliyyah
Seorang jamaah merekam menggunakan ponselnya pada acara Tahlil Akbar dan Pembacaan Manaqib Kitab Albarzanji di Pondok Pesantren Al Falah Sumberadi Wetan, Kebumen, Minggu, 25 November 2018.
Menyandang gelar KH Muhammad Faiq Musyaffa', Gus Faiq sapaan akrabnya untuk pertama kali memimpin Tahlil Akbar dan Pembacaan Manaqib Kitab Albarzanji dalam rangkaian Peringatan Maulid Nabi SAW Jamiyyah Thoriqoh Syadziliyyah di Ponpes Al Falah Sumberadi Wetan Kebumen, Minggu, 25 November 2018.

Bahkan, pada kesempatan pertama kali itu dihadiri oleh Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan keluarga. Kedatangan SBY ke Ponpes AL Falah ini sebelas hari setelah Mursyid Thoriqoh Syadziliyyah, KH Musyaffa' Ali, tutup usia, pada Rabu, 14 November 2018 sekitar pukul 00.15 WIB. KH Musyaffa' Ali, wafat pada usia 76 tahun, karena sakit.

Sementara itu, Tahlil Akbar dan Pembacaan Manaqib yang dihadiri oleh ribuan jamaah dari berbagai daerah.

Untuk diketahui, satu tahun sebelum KH Musyaffa Ali wafat, mengumumkan penerus Mursyid Thoriqoh Syadziliyyah. Pengumuman itu dilakukan bersamaan pada Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Pondok Pesantren tersebut, pada 6 Desember 2017 silam.

KH Musyaffa Ali menunjuk putranya, KH Muhammad Faiq Musyaffa', untuk meneruskan Mursyid Thoriqoh Syadziliyyah.

"Secara otomatis beliau (KH Muhammad Faiq Musyaffa') resmi  menjadi mursyid thoriqoh syadziliyyah dan sebagai pengasuh Ponpes Alfalah Sumberadi Kebumen setelah ayahanda wafat," Ujar adiknya, Muhammad Zulfian (Gus Ulfi) yang juga menjadi Calon Legislatif DPRD Provinsi Jawa Tengah nomor urut 11 melalui Partai Demokrat.

Usai menghadiri Tahlil Akbar dan Pembacaan Manaqib, SBY yang didampingi istrinya, Ani Yudhoyono dan putranya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) melakukan ziarah ke Makam KH Musyaffa' Ali.

Adapun makam almarhum Pengasuh Ponpes Al Falah Sumberadi Wetan terebut berada di Makam Keluarga Komplek Masjid Jami' Banyumudal, yang sekaligus sebagai cagar budaya.(*)
Powered by Blogger.