Header Ads

Jadi Tuan Rumah MTQ Pelajar Jateng, Kebumen Targetkan Juara Umum

www.inikebumen.net KEBUMEN - Kabupaten Kebumen menargetkan dapat meraih juara umum pada Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Pelajar Tingkat Provinsi Jawa Tengah 2018.
Jadi Tuan Rumah MTQ Pelajar Jateng, Kebumen Targetkan Juara Umum
Kabag Kesra Setda Kebumen Wahib Tamam, memberikan keterangan pada konferensi pers di Gedung Press Center Kebumen.
Target itu diungkapkan Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Kebumen, Wahib Tamam, pada konferensi pers penyelenggaraan MTQ Pelajar Jawa Tengah 2018 di Gedung Press Center Kebumen, Jumat 2 November 2018.

"Pada tahun 2017 lalu di Solo kita dapat juara 2, tahun ini kita jadi tuan rumah kita targetkan juara umum," kata Wahib Tamam, kepada wartawan.

Menurutnya, Kafilah Kabupaten Kebumen bakal menerjunkan 22 qori dan qoriah dalam ajang tersebut. "Para qori dan qoriah ini pilihan  yang sudah memiliki prestasi," ujarnya.

Wahib Tamam, menjelaskan Kabupaten Kebumen bakal menjadi tuan rumah penyelenggaraan MTQ Pelajar XXXIII Tingkat Provinsi Jawa Tengah 2018. Ajang tersebut bakal berlangsung 12 hingga 15 November mendatang.

Diperkirakan peserta yang akan mengikuti acara ini mencapai 770 peserta pelajar SD/MI, SLTP/MTs dan SLTA/SMK/MA dari 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah.

"Setiap kafilah maksimal mengirimkan 22 peserta. Sehingga diperkirakan peserta yang akan mengikuti MTQ pelajar di Kebumen mencapai 770 orang," terangnya.

Adapun cabang musobaqoh pada MTQ tersebut, yakni tartil alquran putra dan putri yang akan dipusatkan di Aula SMP Negeri 1 Kebumen dan SMA Negeri 1 Kebumen. Cabang tilawah alquran putra dan putri dipusatkan di Aula SMP Negeri 1 Kebumen dan SMP Negeri 7 Kebumen.

Kemudian, cabang hafidz alquran untuk SMP/MTs dipusatkan di Aula SMP Negeri 2 Kebumen. Sedangkan, tahfidz alquran 5 juz dan tilawah alquran SMA/SMK/MA putra putri di Aula Kementerian Agama Kabupaten Kebumen.

"Rencananya akan dibuka oleh Pak Gubernur Jawa Tengah pada 12 November di Alun-alun Kebumen pukul 19.00 WIB," imbuhnya.

Selain memperebutkan piala bergilir dari Gubernur Jawa Tengah, kata dia, pemenang MTQ Pelajar tingkat Jawa Tengah ini nantinya juga akan menjadi duta Jawa Tengah dalam musabaqah tingkat nasional.

Selama berlangsungnya MTQ, juga akan digelar bazar UMKM di Alun-alun Kebumen. "Pada saat pembukaan juga akan digelar pawai ta'aruf dari seluruh peserta," tutupnya.(*)
Powered by Blogger.