Header Ads

Masuk Kawasan Geopark Karangsambung Karangbolong, Pernah Ada Aktivitas Gunung Api Purba di Sempor

www.inikebumen.net SEMPOR - Kawasan Sempor yang berada di tengah, merupakan penghubung Kawasan Karangsambung dengan Kawasan Karangbolong. Kawasan Sempor dikenal karena bendungannya.
 Masuk Kawasan Geopark Karangsambung Karangbolong, Pernah Ada Aktivitas Gunung Api Purba di Sempor
Kawasan Waduk Sempor menjadi salah satu bagian dari Geopark Karangsambung Karangbolong.
Lokasi Waduk Sempor sekarang, konon sudah dipilih sejak jaman kolonial Belanda, yakni sekitar tahun 1916. Namun sampai Indonesia merdeka, pemerintah kolonial Belanda belum sempat membangun waduknya.

Baru pada tahun 1958, Waduk Sempor mulai dibangun Pemerintah Indonesia. Waduk tersebut membendung Sungai Cincingguling yang mengalir dari kaki pegunungan Serayu Selatan.

Waduk Sempor pernah jebol pada tahun 1967, saat itu bendungannya masih berupa timbunan tanah. Musibah ini menyebabkan banjir yang menewaskan sekitar 127 orang. Di salah satu desa yang terkena banjir akibat tragedi jebolnya waduk Sempor, ada masjid yang baru selesai dibangun pada tahun 1960, selamat dari terjangan banjir, yakni Masjid Pancasila. Masjid ini sudah dipugar dan lokasinya tidak jauh dari waduk yang dibangun lagi pada masa orde baru.

Waduk Sempor yang sudah dibangun kembali, diresmikan pada Maret 1978 oleh Presiden Soeharto.

Dari sisi geologi, Waduk Sempor menarik antara lain karena keberadaan batuan beku yang secara alami berada di sekitar dinding penyangga bangunan waduk.

Peneliti Geologi UGM Dr Wahyu Wilopo ST  MEng, yang pernah mengunjungi Waduk Sempor pada permulaan tahun 2014, menyebut keberadaan batuan tersebut bisa mengantisipasi amplifikasi dari gelombang gampa. "Batuan kompak, keras dan masif mampu meredam getaran gempa," katanya.

Di Waduk Sempor juga bisa dilihat banyak batu-batu besar. Menurut Peneliti Utama pada UPT BIKK LIPI Karangsambung Ir Chusni Ansori MT batu-batu besar tersebut adalah breksi gunung api.

"Bongkahan-bongkahan itu lepas dari kelompok breksi F Waturanda akibat proses pelapukan. Keberadaan batuan ini menandakan bahwa pada masa lalu di sekitar kawasan ini pernah ada aktivitas gunung api purba. Fragmen batuannya merupakan andesit," jelasnya dalam perbincangan group Whats App (GWA) WargaNet Kebumen.

Dalam Keputusan Bupati Kebumen Nomor 070/179/2018, yang masuk ke dalam kawasan Sempor ada 5 kecamatan. Yaitu Sruweng, Karanganyar, Gombong, Sempor dan sebagian Rowokele.(*)

Powered by Blogger.