Header Ads

Nasib Geopark Karangsambung Karangbolong Ditentukan 1 Desember 2018

www.inikebumen.net KEBUMEN - Nasib Kawasan Karangsambung dan Karangbolong yang rencananya akan ditetapkan menjadi Geopark Nasional ditentukan pada 1 Desember 2018 mendatang.
 Nasib Geopark Karangsambung Karangbolong Ditentukan 1 Desember 2018
Bukit Hud di Desa Karangbolong, Kecamatan Buayan, masuk ke kawasan Geopark Nasional Karangsambung Karangbolong.
"Saya sudah melakukan paparan di Jakarta, semoga Kebumen ditetapkan sebagai Geopark Nasional melalui Geopark Karangsambung Karangbolong," tegas Wakil Bupati Kebumen, Yazid Mahfudz, kepada inikebumen.net.

Menurutnya, pengumuman tentang keputusan penetapan Kebumen sebagai salah satu geopark nasional akan dilaksanakan pada 1 Desember 2018 oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman di Bogor.

Sebelumnya, Wakil Bupati Yazid Mahfudz, memaparkan kesiapan Kawasan Karangsambung Karangbolong untuk ditetapkan sebagai Geopark Nasional di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta, Selasa, 23 Oktober 2018.

Setelah  menjadi Geopark  Nasional  Karangsambung Karangbolong, fungsi edukatif kawasan dan pengembangan ekonomi rakyat itu akan lebih ditingkatkan.

Kepala Unit Pelaksana Tehnis (UPT) Balai Informasi dan Konservasi Kebumen (BIKK) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Karangsambung Edi Hidayat, menjelaskan pengumuman lolos tidaknya Karangsambung dan Karangbolong sebagai Geoparak Nasional dilakukan di Gunung Pongkor, Kabupaten Bogor.

Ada tiga kemungkinan isi pengumuman Karangsambung dan Karangbolong setelah ditetapkan sebagai Geopark Nasional. Kemungkinan pertama, lolos tanpa syarat, kemungkinan kedua lolos dengan syarat dan kemungkinan terakhir tidak lolos. 

"Namun berdasarkan self assesment yang dilakukan Pemkab Kebumen dan BIKK, saya optimis Karangsambung dan Karangbolong  menjadi geopark nasional," ujarnya.(*)
Powered by Blogger.