Header Ads

Pemilu 2019, Prof Yunahar Ajak Warga Muhammadiyah Datang ke TPS Memakai Pakaian Terbaik

www.inikebumen.net KEBUMEN - Ketua Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah Prof Dr Yunahar Ilyas, mengajak warga Muhammadiyah bersama-sama menjaga dan membangun NKRI.
Pemilu 2019, Prof Yunahar Ajak Warga Muhammadiyah Datang ke TPS Memakai Pakaian Terbaik
Ketua Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah Prof Dr Yunahar Ilyas,saat menjadi pembicara pada puncak Milad 106 Muhammadiyah di Alun Alun Kebumen.
Hal itu disampaikan saat menjadi pembicara pengajian akbar dan santunan 1.000 anak yatim dan dhuafa pada puncak resepsi Milad 106 Muhammadiyah di Alun-alun Kebumen, belum lama ini.

"Setidaknya ada empat hal yang harus dilakukan. Yang pertama, adalah ta’aruf yaitu mengenal bangsa ini, bangsa kita sendiri. Siapa NKRI, dari mana lahirnya NKRI dan seterusnya," ujarnya.

Kemudian, yang kedua adalah tafahum yaitu memahami. Sebagai anak bangsa hendaknya memahami kebhinekaan NKRI, memahami tentang perbedaan yang terbingkai dalan sebuah NKRI.

"Memahami bahwa bangsa ini lahir dari perjuangan bersama, dan lain-lain sehingga tidak perlu lagi saling merasa paling berjasa, saling merasa aling benar, paling NKRI," paparnya.

Yang ketiga, ta’awun, yaitu saling tolong menolong (dalam kebaikan). Dan yang keempat adalah takafful yaitu menjamin. Maksudnya adalah bahwa alangkah baiknya jika diantara masyarakat saling memberikan jaminan.

"Seseorang yang bertetangga saling memberikan jaminan bagi tetangga yang  lain sehingga tidak ada lagi yang kelaparan, yang tidak bisa mendapatkan pendidikan. Yang kaya memberikan jaminan bantuan kepada yang kurang mampu," kata dia.

Menurutnya, Milad 106 Muhammadiyah mengusung tema ta’awun untuk negeri sangat tepat.  Apalagi di tahun politik ini, yang biasanya semua hal bisa menjadi komoditi politik.

"Mari kita bersama-sama mengedepankan kepentingan bangsa, memahami bahwa Pemilu adalah Pesta Demokrasi. Layaknya pesta, lakukanlah dengan bergembira," tegasnya.

Yunahar Ilyas, meminta warga Muhammadiyah datang ke TPS pada Pemilu mendatang dengan berpakaian yang terbaik layaknya pesta, dengan senyum dan bergembira dan pilihlah calon yang terbaik.

"Kalau keduanya baik maka pilihlah yang terbaik. Kalau kedua calon jelek, maka pilihlah dari keduanya ini calon yang paling sedikit kejelekannya. Jangan sampai tidak memilih salah satunya atau golput," tandasnya.

Sementara itu, serangkaian kegiatan digelar dalam rangka Milda 106 Muhammadiyah di Kebumen. Ada tiga agenda utama, yang pertama Kirab Budaya pada 11 November 2018. Kedua, Kebumen Berlari pada 18 November 2018. Yaitu lomba marathon untuk tingkat SD 4 km, tingkat SMP/MTs 6 km, tingkat SMA/SMK dan kategori umum yang diikuti oleh orang-orang dewasa sejauh 8 km.

Even ini sangat menarik dan mendapatkan respon sangat baik dari masyarakat. Terbukti, jumlah pelari yang mengikuti even ini mencapai 2.300 pelari, berasal dari 24 Kabupaten, bahkan ada juga yang berasal dari luar Jawa dan satu pelari dari luar negeri, dari Kenya yang berhasil meraih juara satu  tingkat umum.

Kegiatan yang ketiga, pengajian akbar dan santunan untuk 1.000 anak yatim dan dhuafa sebagai puncak resepsi Milad 106 Muhammadiyah.(*)
Powered by Blogger.