Header Ads

Ribuan Warga Kebumen Meriahkan Senam Bersama Hari Kesehatan Nasional

www.inikebumen.net KEBUMEN - Sedikitnya seribu peserta mengikuti senam bersama di Alun-alun Kebumen, Minggu pagi 4 Novembere 2018. Senam itu digelar oleh Dinas Kesehatan Kebumen merupakan rangkaian kegiatan untuk memeriahkan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 tingkat Kabupaten Kebumen.
Ribuan Warga Kebumen Meriahkan Senam Bersama Hari Kesehatan Nasional
Ribuan warga mengikuti senam bersama dalam rangka Hari Kesehatan Nasional (HKN) di Alun-alun Kebumen.
Ikut dalam senam massal itu, Wakil Bupati Yazid Mahfudz, Kepala Dinas Kesehatan Kebumen Y Rini Kristiani, Para Asisten Sekda Staff Ahli Bupati, Pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Kebumen. Selain itu, direktur rumah sakit yang ada di Kabupaten Kebumen, pimpinan organisasi profesi kesehatan, serta ribuan warga yang sedang mengikuti Car Free Day.

Kepala Dinas Kesehatan Kebumen Y Rini Kristiani, mengatakan berbagai kegiatan untuk memeriahkan Hari Kesehatan Nasinal ke-54. Diantaranya, memberikan bantuan air bersih kepada warga terdampak kekeringan di sejumlah desa. Bantuan tersebut disalurkan pada 12 Oktober lalu. Sedikitnya 50 tangkai air bersih milik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kebumen didistribusikan ke 11 kecamatan terdampak kekeringan.

"Kita juga menggelar kegiatan berbagai lomba olahraga, seni serta kegiatan bakti sosial. Kegiatan sikat gigi massal di 35 puskesmas yang melibatkan pelajar sekolah dasar sebanyak 5000 anak sekolah, kemari pada 2 November," terang Y Rini Kristiani.

Selain itu, pihaknya juga menggencarkan kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). "Kegiatan ini melibatkan seluruh lapisan masyarakat dan stakeholder, baik pemerintah maupun swasta," ujarnya.

Ia menjelaskan kampanye Germas merupakan upaya mengajak masyarakat untuk berperilaku hidup sehat. Yakni dengan cara melakukan aktifitas fisik, konsumsi sayur dan buah. "Tidak merokok, tidak konsumsi alkohol, periksa kesehatan, membersihkan lingkungan, dan gunakan jamban," tegasnya.

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Yazid Mahfudz, mengatakan sehat adalah hak setiap orang. Oleh karena itu setiap orang memiliki hak yang sama dalam memperoleh akses atas sumber daya dibidang kesehatan. Setiap orang memiliki hak dalam memperoleh pelayanan kesehatan yang aman dan bermutu.

"Setiap orang berhak secara mandiri dan bertanggung jawab menentukan sendiri pelayanan kesehatan yang diperlukan bagi dirinya," kata Yazid Mahfudz.

Menurutnya, keluarga sebagai institusi primer harus menjadi institusi yang kuat, sehat dan menyenangkan. Masing-masing anggota keluarga harus memainkan perannya dengan maksimal.

"Agar kesehatan terjaga juga agar menjadi contoh bagi lingkungannya. Ini harus diawali dari keluarga jajaran kesehatan. Carilah contoh teladan yang baik dan inspiratif," tandasnya.

Pada kesempatan itu juga digelar layanan cek kesehatan gratis bagi masyarakat yang hadir di seputar Alun-alun Kebumen.(*)
Powered by Blogger.