Header Ads

Terobos Car Free Day di Alun-Alun Kebumen, Kendaraan Bermotor Bakal Ditilang

www.inikebumen.net KEBUMEN - Pelaksanaan Car Free Day (Hari Bebas Kendaraan) di Kawasan Alun-alun Kebumen telah berlangsung selama lima tahun. Tapi setiap Minggunya selalu saja ada kendaraan bermotor yang berani menerobos area tersebut. Sehingga petugas akan melakukan tindakan hukum berupa tilang mulai besok pagi, Minggu, 4 November 2018.
Terobos Car Free Day di Alun-Alun Kebumen, Kendaraan Bermotor Bakal Ditilang
Suasana car free day di seputaran Alun-alun Kebumen.
"Kendaraan-kendaraan yang ada di dalam Alun-alun selama kegiatan Car Free Day akan ditilang polisi," kata Sekretaris Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Perkim LH) Kabupaten Kebumen, Sri Pambudi.

Tindakan tegas itu diambil setelah adanya evaluasi kegiatan CFD belum lama ini. Selain perlu dilakukan penertiban kendaraan bermotor, di kawasan itu juga masih ada beberapa permainan menggunakan mesin disel atau genset.

"Masih banyaknya PKL yang dalam berdagang melakukan aktivitas bebakaran yang menimbulkan banyak asap," ujarnya.

Keberadaan Pedagang Kaki Lima (PKL) di kawasan Alun-alun Kebumen selama CFD juga sangat semrawut. Kondisi ini pun mengganggu area untuk olah raga seperti jalan kaki, lari dan bersepeda.

Dengan kondisi seperti saat ini, pelaksanaan CFD dinilai tidak sesuai dengan maksud dan tujuan awal kegiatan CFD. Yaitu untuk mengurangi pencemaran udara sekaligus menjadi ajang oleh raga untuk meningkatkan kesehatan masyarakat.

Petugas gabungan, dua minggu terakhir melakukan sosialisasi baik secara lisan, selebaran dan banner yang berisi imbauan kepada seluruh pengunjung CFD untuk ikut menjaga ketertiban. Serta mentaati peraturan yang berlaku dan jika ada yang melanggar akan dikenai sanksi oleh petugas.(*)
Powered by Blogger.