Header Ads

Wayang Orang "Sinta Obong" Meriahkan Selapanan Kampung Jawa Kebumen

www.inikebumen.net AMBAL - Pagelaran wayang orang meramaikan kegiatan selapanan Kampung Jawa Kebumen di Sekretariat Kampung Jawa Jalan Yahya nomor 3 Desa Ambalresmi, Kecamatan Ambal, pada Sabtu malam, 17 November 2018.
Wayang Orang "Sinta Obong" Meriahkan Selapanan Kampung Jawa Kebumen
Salah satu adegan pada pementasan wayang orang dengan lakon "Sinta Obong" di Sekretariat Kampung Jawa Kebumen Desa Ambalresmi, Kecamatan Ambal.
Pememntasan oleh Sanggar Seni Budaya Larasati bekerjasama dengan Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Kebumen tersebut mengangkat lakon "Sinta Obong".

Sejumlah pengurus GOW dan tokoh perempuan Kebumen ikut tampil dalam pentas itu. Seperti Ketua Umum GOW Kabupaten Kebumen Dede Siswoyo, Ida Isaroh, Zahrini dan lain-lain. Bertindak sebagai dalang istri dari dalang kondang asal Ambal yakni Basuki Hendro Prayitno.

Lakon Shinta Obong mengisahkan kegalauan Shinta yang diragukan kesuciannya oleh suami tercintanya, Rama. Cukup lama Shinta diculik dan disekap dalam istana Alengka. Untuk membuktikan kesuciannya akhirnya Shinta melalukan upacara obong.

Sebelum pementasan, Plt Kepala Dinas Pendidikan Sudirman memberikan sambutan. Dikatakannya kegiatan selapanan di Kampung Jawa merupakan upaya untuk menguri-uri kebudayaan Jawa agar tetap lestari.

Hadir menyaksikan pentas wayang orang tersebut pejabat-pejabat di lingkungan Dinas Pendidikan, Ketua Umum Dewan Kesenian Daerah (DKD) Sat Siswonirmolo dan tokoh-tokoh perempuan senior Kebumen seperti Ny Busro, Ny Seger dan tokoh lainnya.

Masyarakat di sekitar Kampung Jawa juga turut menyaksikan acara yang berada di bawah koordinasi Seksi Kebudayaan, Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Masyarakat dan Kebudayaan pada Dinas Pendidikan Kabupaten Kebumen.(*)
Powered by Blogger.