Angklung Pelajar Muhammadiyah Sempor Sambut Tonting Yudha Wastu Pramuka Jaya

www.inikebumen.net SEMPOR - Peleton Beranting (Tonting) Yudha Wastu Pramuka Jaya sampai di Desa Tunjungseto, Kecamata Sempor,  pada Senin, 17 Desember 2018 sekitar pukul 16.00 sore.


Upacara serah terima tonting dan pembacaan amanat Panglima Besar Jenderal Sudirman dilaksanakan di lapangan desa setempat. Kegiatan nyang dilaksanakan oleh TNI AD Korps Infanteri dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika.

Kepala Kejaksaan Negeri Kebumen Supriyanto, bertindak sebagai pembina upacara. Tampak hadir mengikuti upacara antara lain Dandim 0709 Kebumen Letkol Inf Zamril Philiang, Komandan Secata Rindam IV Letkol Inf Yudi Purwanto serta Danramil 03/Sempor Kapten Inf Suwarno.

Peserta upacara selain berasal dari TNI AD sendiri juga diikuti unsur Pramuka, Hizbul Wathan, Satpol PP Kebumen dan Linmas. Usai upacara tonting melanjutkan perjalanan lagi sampai tiba di MTs Ma'arif Sempor sekitar pukul 19.00 WIB untuk istirahat.

Saat tonting istirahat inilah siswa-siswi SMP dan SMK Muhammadiyah Sempor memberikan sambutan unik dengan musik angklung.

Pembina seni budaya SMP dan SMK Muhammadiyah Sempor, Ki Dalang Dwi Riyatno, menjelaskan bahwa pertunjukkan musik angklung dari anak didiknya merupakan bentuk apresiasi dan partisipasi kepada TNI atas semangat perjuangannya.

"Ini sekaligus juga merupakan ujian mental bagi anak didik kami agar lebih berani tampil di depan masyarakat. Insya Allah SMP dan SMK Muhammadiyah Sempor berkomitmen untuk terus mengembangkan potensi anak-anak didik lewat seni dan budaya," jelasnya.

Menurut Dwi Riyatno, di sekolah yang dibinanya ada bermacam-macam seni yang bisa dipilih anak didiknya. "Selain angklung, ada kerawitan, ketoprak dan gambus," pungkasnya.(*)
Powered by Blogger.