Header Ads

Kelola Anggaran Besar, Pengurus PMI Kebumen Rela Tak Digaji

www.inikebumen.net KEBUMEN - Meski tanggungjawabnya tidak ringan, pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kebumen tidak mendapat gaji.


Hal itu ditegaskan Ketua PMI Kebumen, Sabar Irianto,  acara serah terima hasil sumbangan Bulan Dana PMI Kabupaten Kebumen tahun 2018 di Rumah Dinas Wakil Bupati Kebumen, Jumat  pagi, 29 Desember 2018.

"Mulai periode saya tidak menerima gaji. Sejak awal dibentuk kepengurusan, sudah saya sampaikan jadi pengurus itu sukarela. Tidak digaji," tegasnya.

Meski demikian, pihaknya tetap akan menjalankan tugasnya dengan sebaik-baiknya. Pihaknya terus mengabdi terhadap kegiatan kemanusiaan.

"Termasuk penghimpunan dana dari masyarakat, 80 persennya kita kembalikan lagi kepada masyarakat melalu bantuan sosial maupun bantuan bencana. Sedangkan,  20 persennya untuk operasional," ujarnya.

Sementara itu, kegiatan bulan dana PMI  Kebumen tahun 2018 berhasil menghimpun dana sebesar Rp Rp 768,5 juta lebih. Pendapatan bulan dana PMI tahun ini bertambah Rp 23 juta lebih dari pendapatan tahun lalu. Pendapatan bulan dana PMItahun 2017 sebesar Rp 745.550.500.

Ketua Bulan Dana PMI Kabupaten Kebumen tahun 2018, Mahmud Fauzi, mengatakan pihaknya bersyukur bisa ada kenaikan 3 persen dari tahun lalu. Padahal, diwaktu bersamaan ada penggalangan dana untuk bencana alam Lombok dan Palu.

"Bisa saja kita mencapai Rp 1 miliar, tapi saya kira ini sudah sangat bagus. Karena tahun ini penggalangan dana untuk Lombok dan Palu juga lumayan," ujarnya. .

Pihaknya menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Kebumen yang telah berpartisipasi dalam menyukseskan bulan dana PMI. "Diharapkan bulan dana PMI ke depan, capaiannya terus ditingkatkan," imbuhnya.

Berdasarkan data PMI Kebumen, bulan dana PMI dihimpun dari berbagai pos-pos antara lain dari dinas/instansi di lingkungan Pemkab Kebumen, instansi vertikal, karyawan bank dan rumah sakit swasta,  karyawan swasta, siswa TK/RA dan SD, SLTP, SLTA, pariwisata, pelanggan PDAM, KIR kendaraan, pemohon SIM, akte kelahiran, kartu kuning, kepala keluarga melalui kecamatan, dan pengusaha.

Secara simbolis, hasil Bulan Dana PMI 2018 diserahkan oleh Inspektur Kabupaten Kebumen Mahmud Fauzi,  selaku Ketua Bulan Dana PMI  kepada  Wakil Bupati Kebumen Yazid Mahfudz.

Selanjutnya hasil bulan dana tersebut diserahkan oleh Yazid Mahfudz kepada Ketua PMI Kabupaten Kebumen Sabar Irianto. Acara serah terima berlangsung di Rumah Dinas Wakil Bupati Kebumen, Jumat pagi.

Hadir Sekda Ahmad Ujang Sugiono, Kapolres Kebumen AKBP Robertho Pardede, Staf Ahli Bupati RAI Ageng Sulistyo Handoko. Seluruh pengurus PMI Kabupaten Kebumen, serta Staf Markas PMI.

Wakil Bupati Yazid Mahfudz, menyampaikan dana yang terkumpul ini menggambarkan, bahwa masyarakat Kebumen masih memiliki kepedulian yang tinggi terhadap kemanusiaan. Selain itu, menggambarkan pula bahwa PMI masih menjadi harapan dan kepercayaan masyarakat. 

"Khususnya dalam mengatasi masalah kemanusiaan. Khususnya ketika terjadi musibah dan bencana," kata Yazid Mahfudz.

Menurutnya, kepercayaan tersebut menjadi motivasi bagi segenap jajaran PMI Kabupaten Kebumen dalam melaksanakan tugas dan fungsinya.

"Mudah-mudahan dana yang terkumpul tersebut dapat membantu PMI dalam menjalankan misi kemanusiaan," tegasnya.

Di sisi lain, wakil bupati mengingatkan dana yang dihimpun tersebut adalah dana masyarakat. Sehingga PMI harus terbuka kepada masyaraka. "Agar kepercayaan dan dukungan masyarakat terhadap PMI terus terjaga," tandasnya.(*)
Powered by Blogger.