Header Ads

Kelurahan Kebumen Gagas Pasar Sayuran Hidroponik di Pereng Lukulo

www.inikebumen.net KEBUMEN - Kelurahan Kebumen bakal menggelar pameran dan pasar sayuran hidroponik "Pasar Sayuran Pereng Lukulo (Pasperlu)" selama tiga hari, 21-23 Desember mendatang. Acara tersebut diselenggarakan di Green House milik Komunitas Hidroponik dan Organik (KHO) di Jalan Pahlawan Kebumen, tepatnya di selatan Rutan Kebumen.
Kelurahan Kebumen Gagas Pasar Sayuran Hidroponik di Pereng Lukulo
Lurah Kebumen Dede Suntoro meninjau green house yang akan menjadi lokasi Pasar Sayuran Pereng Lukulo (Pasperlu) di wilayah Kelurahan/Kecamatan Kebumen.
Ketua Panitia Pasperlu, Sugeng Haryono, menjelaskan berbagai sayuran organik yang dikembangkan melalui hidroponik bakal dijual di acara tesebut. Mulai dari selada, cesiem, kangkung, lombok, tomat dan sayuran lainnya.

"Nantinya para pengunjung bisa memilih, memetik sendiri di green house dan membawanya pulang," terang Susgeng Haryono, bersama Humas Kelurahan Kebumen Pitra Suwita, Selasa, 4 Desember 2018.

Pasar yang bakal dimulai pukul 08.00 hingga 16.00 ini nantinya tidak hanya menjual sayuran. Acara yang juga didukung oleh Sekolah Rakyat Melu Bae (SRM) ini juga akan ada pasar kuliner dan pameran kerajinan yang menggunakan bahan daur ulang.

"Tidak ada tarif masuk, ini bebas. Hanya saja pada pasar ini 70 persennya untuk jualan sayuran, kemudian kuliner 30 persen dan kerajinan daur ulang 20 persen," ujarnya.

Selain pengunjung dapat memetik sendiri sayuran, pengunjung juga dapat membeli bibit tanaman. Seperti stroberi, cabe pelangi dan tomat mini.

Lurah Kebumen, Dede Suntoro, mengatakan pihaknya bukan sekedar latah membuat pasar di pereng kali. Tetapi di Pasperlu lebih fokus menyediakan berbagai sayuran hasil dari warga kelurahan kebumen.

"Warga di 7 RW memang membudidayakan tanaman hidroponik yang tergabung menjadi 2 kelompok Usaha bersama," terang Dede Suntoro.

Dede berharap, kedepannya Pasperlu bisa membantu perekonomian warga setempat. Yakni warga yang berada di wilayah RT 06 RW 07 dan warga di Kelurahan Kebumen.(*)
Powered by Blogger.