Header Ads

Seboro Dinobatkan sebagai Pengelola Website Terbaik Kategori Desa

www.inikebumen.net KEBUMEN - Website Desa Seboro, Kecamatan Sadang, berhasil menjadi website terbaik di Kabupaten Kebumen untuk kategori desa/kelurahan.
Seboro Dinobatkan sebagai Pengelola Website Terbaik Kategori Desa
Wakil Bupati Yazid Mahfudz, menyerahkan penghargaan kepada juara website terbaik di Pendopo Bupati Kebumen.
Website seboro.kec-sadang.kebumenkab.go.id berhasil menyisihkan 459 desa/kelurahan pada pemeringkatan website pemerintah desa yang diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kebumen.

Juara II diraih Desa Balingasal, Kecamatan Padureso dan juara III diraih Desa Kalibeji, Kecamatan Sempor. Sedangkan, untuk kategori OPD, Kecamatan dan Organisasi juara I diraih oleh Dinas Koperasi dan UKM, juara II Satpol PP dan juara III Dinas Kominfo.

Penyerahan penghargaan tersebut diumumkan pada kegiatan Sosialisasi Pengelolaan Website dari Komisi Informasi Publik Provinsi Jateng dan Pemeringkatan Website di Pendopo Bupati Kebumen, Rabu, 5 Desember 2018.

Untuk masing-masing juara I berhak menerima hadiah berupa uang tunai senilai Rp 1 juta, juara II Rp 750 ribu dan juara III Rp 500 ribu. Hadiah tersebut diserahkan oleh Wakil Bupati Yazid Mahfudz, kepada masing-masing pemenang. 

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Kebumen, Cokro Aminoto, menjelaskan pemeringkatan website dibagi menjadi dua kategori, yaitu kategori OPD/Kecamatan dan kategori desa/kelurahan. "Juri terdiri dari unsur Dinas Kominfo, akademisi dan LSM," terang Cokro Aminoto.

Adapun jumlah instansi yang mengikuti pemeringkatan website ini meliputi 36 perangkat daerah, 26 kecamatan, 6 organisasi, 1 instansi vertikal, 1 Puskesmas dan 460 desa/kelurahan. Sedangkan, kriteria penilaian meliputi update berita, profil, publikasi dokumen, dokumentasi kegiatan, keselarasan tampilan dan media sosial.  

Wakil Bupati Kebumen Yazid Mahfudz, mengatakan tuntutan akan keterbukaan informasi publik menjadikan Pemkab Kebumen berinovasi membuat website resmi www.kebumenkab.go.id. yang dibuat pada tahun 2000.

"Website harus selalu update menjadi tantangan buat kita. Tujuannya untuk memberikan informasi kepada masyarakat Kabupaten Kebumen," ujarnya.

Adapun pengelolaannya hingga saat ini ada 530 subdomain yang dikelola. Terdiri dari 36 subdomain OPD, 26 subdomain kecamatan, 460 subdomain desa/kelurahan, 6 subdomain organisasi, 1 subdomain instansi vertikal dan 1 subdomain Puskesmas.

"Dengan begitu banyak subdomain yang mendukung pelayanan keterbukaan informasi publik saya harapkan Pemerintah semakin transparan dalam memenuhi hak masyarakat. Namun tetap saja memegang prinsip transparan tapi tidak vulgar karena tetap saja ada hal-hal yang rahasia," paparnya.

Hadir pada acara tersebut, Sekda Ahmad Ujang Sugiono, Asisten III Sekda Widhiatmoko, Kepala Dinas Kominfo Cokro Aminoto, serta sejumlah pimpinan OPD lainnya.(*)
Powered by Blogger.