Wakil Bupati Kebumen Minta Kepala Sekolah jadi Teladan di Masyarakat

www.inikebumen.net KEBUMEN - Wakil Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz, melantik dan mengambil sumpah guru PNS yang ditugaskan sebagai kepala sekolah di Pendopo Rumah Dinas Bupati Kebumen, Kamis, 27 Desember 2018.
Wakil Bupati Kebumen Minta Kepala Sekolah jadi Teladan di Masyarakat
Wakil Bupati Kebumen Yazid Mahfudz, melantik dan mengambil sumpah guru PNS yang ditugaskan sebagai kepala sekolah di Pendopo Rumah Dinas Bupati Kebumen, Kamis, 27 Desember 2018.
Sebanyak 161 guru PNS dilantik dan diambilsumpahnya sebagai kepala sekolah. Terdiri 39 orang kepala sekolah baru yang ditugaskan di Sekolah Dasar (SD). Sedangkan, kepala sekolah yang dimutasi terdiri 109 kepala SD dan 13 kepala SMP.

Dalam sambutannya, Yazid Mahfudz, menyampaikan kepala sekolah bukan lagi sebagai tugas tambahan, melainkan sebuah tugas utama. Sehingga pemberian tugas tersebut harus disikapi dengan peningkatan kinerja dan tanggungjawab.

"Untuk melaksanakan tugas pokok manajerial, pengembangan kewirausahaan, dan supervisi kepada guru dan tenaga kependidikan," ujarnya.

Menurutnya, jabatan kepala sekolah merupakan jabatan yang strategis dalam penyelenggaraan pendidikan. Kepala sekolah dituntut untuk memfokuskan diri dalam memikirkan upaya untuk mengembangkan sekolah yang dipimpinnya.

"Peningkatan kualitas pendidikan adalah satu fokus dan tanggungjawab kepala sekolah," tegasnya.

Menurutnya, kepala sekolah yang dilantik mempunyai peran yang sangat strategis didalam memajukan SDM. Sebab, dibawahnya ada banyak anak-anak bangsa yang menjadi tanggung jawabnya. Jabatan kepala sekolah juga merupakan jabatan yang strategis dalam penyelenggaraan pendidikan.

"Kepala sekolah dituntut harus memfokuskan diri dalam memikirkan upaya untuk mengembangkan sekolah yang dipimpinnya," ucap dia.
   
Lebih jauh, menjadi kepala sekolah juga berarti menjadi manajer di sekolahnya. Harus mampu mengelola sekolah secara keseluruhan. Ketertiban administrasi, pengelolaan keuangan, pengelolaan SDM dan pengelolaan asset harus dilakukan secara berkesinambungan.

"Untuk itu, saya berharap dapat tampil sebagai pimpinan di sekolah dengan prima. Kuasai betul manajemen kepemimpinan yang akan diterapkan di sekolah. Juga menjadi figur teladan di masyarakat," pintanya.(*)
Powered by Blogger.