Berkat Aplikasi Silaraja, Angka Kepuasan Pasien Terhadap RSDS Kebumen Meningkat

www.inikebumen.net KEBUMEN - Angka kepuasan pasien terhadap pelayanan RSUD dr Soedirman (RSDS) Kebumen terus meningkat setiap tahunnya. Peningkatan ini sejalan dengan dengan inovasi Sistem Informasi Pelayanan Rawat Jalan (Silaraja) yang diluncurkan oleh rumah sakit miliki pemerintah daerah itu.
Berkat Aplikasi Silaraja, Angka Kepuasan Pasien Terhadap RSDS Kebumen Meningkat
Wakil Bupati Kebumen Yazid Mahfudz, meninjau salah satu pasien yang sedang dirawat di RSUD dr Soedirman Kebumen.
Angka kepuasan pasien terhadap pelayanan RSDS pada 2016 sebesar 78,48 persen. Kemudian, setelah adanya Silaraja Online meningkat menjadi 79,92 persen pada 2017 dan 80,53 persen pada 2018.

Kepala Bagian Tata Usaha RSDS Kebumen, Rikamto, menjelaskan RSDS meluncurkan Silaraja karena selama ini pasien mengantre terlalu lama untuk menerima pelayanan Instalasi Rawat Jalan (Irja).

Setelah ada Silaraja, pasien tidak perlu mengantre terlalu lama untuk mendapatkan pelayanan. Hal ini karena bisa mendaftar secara online dengan ponsel berbasis android.

"Sehingga yang tadinya waktu tunggu pasien mendapat pelayanan tidak jelas, setelah terdapat Silaraja waktu tunggu pasien mendapat pelayanan menjadi jelas," terang Rikamto, di ruang kerjanya, Rabu, 2 Januari 2019.

Selain inovasi tersebut, RSDS Kebumen juga telah dilakukan penilaian akreditasi pada 2016 dan dinyatakan lulus paripurna bintang lima oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS).

"Artinya masyarakat jangan lagi ada keraguan untuk datang ke RSDS. Karena sudah memiliki prosedur dan diakui, seluruh pelayanan sudah memenuhi standar yang sudah ditetapkan," tegasnya.

Pada 2018, lanjut Rikamto, RSDS Kebumen menetapkan layanan unggulan. Antara lain Instalasi Rawat Intensif, yang didalamnya terdapat ICU, ICCU, PICU, NICU, Stroke Unit.

"Kalau ada pasien-pasien yang mengalami kasus stoke, RSDS sudah punya ruangan khusus untuk memberikan tata laksana secara klinis komprehensif di Unit Stroke," paparnya.

Kemudian, pada 2019 ini, RSDS Kebumen akan membangun fasilitas baru. Yakni ruang rawat inap khusus untuk pasien jiwa, yang sesuai standar.

"Juga penanganan kasus-kasus yang perlu di isolasi. Kita rencana akan membuat ruang isolasi sesuai standar ruang isolasi. Ruang isolasi ini untuk kasus yang memerlukan perawatan tersendiri, terpisah dari pasien lain. Seperti TB, HIV/AIDS atau kasus lainnya," pungkasnya.(*)
Powered by Blogger.