Deviden Pemkab Kebumen dari Bank Jateng Tahun ini Ditarget Rp 7 Miliar

www.inikebumen.net AYAH - PT Bank Pembangunan Daerah (BPD) Jawa Tengah atau Bank Jateng tahun ini akan menaikan dividen Rp 2,5 miliar kepada Pemkab Kebumen sebagai salah satu pemegang saham.

Deviden Pemkab Kebumen dari Bank Jateng Tahun ini Ditarget Rp 7 Miliar
Direktur Keuangan Bank Jateng, Dwi Agus Pramudya, memberikan sambutan pada peresmian Bank Jateng Kantor Cabang Pembantu Ayah, Senin, 28 Januari 2019.
Pada 2018 lalu, deviden yang diterimam Pemkab Kebumen sebesar Rp 4,9 miliar. Sedangkan, tahun ini ditargetkan naik menjadi Rp 7 miliar.

Direktur Keuangan Bank Jateng, Dwi Agus Pramudya, menjelaskan pada 2018 lalu modal Pemkab Kebumen di Bank Jateng tercatat sebesar Rp 35,779 miliar. Sedangkan deviden yang diterima mencapai Rp 4,9 miliar.

"Permodalan di tahun 2019 ini menjadi Rp 42,779 miliar dan estimasi deviden sebesar Rp 7 miliar," ujarnya, pada peresmian Bank Jateng Kantor Cabang Pembantu Ayah, Senin, 28 Januari 2019.

Ia mengungkapkan total aset Bank Jateng saat ini mencapai Rp 66,62 triliun atau tumbuh 8,39 persen. Dana Pihak Ketiga (DPK) yang dihimpun mencapai Rp 45,11 trilun atau tumbuh 1,06 persen.

"Demikian pula penyaluran kredit dan pembiayaann telah mencapai Rp 45,89 triliun dan tumbuh 8,13 persen," terangnya.

Sementara itu, Bank Jateng menaikan status Kantor Kas Ayah menjadi Kantor Cabang Pembantu. Secara resmi kantor yang berada di Desa Demangsari, Kecamatan Ayah ini diresmikan operasionalnya oleh Wakil Bupati Kebumen, Yazid Mahfudz, Senin 28 Januari 2019.

Dengan peresmian tersebut maka jumlah Kantor Cabang Pembantu (KCP) di wilayah Kabupaten Kebumen bertambah menjadi lima. Yakni KCP Gombong, Karanganyar, Kutowinangun, Prembun dan Ayah.

"Kemudian Bank Jateng juga menambah 1 kas di RSUD Prembun, 7 mesin ATM dan 1 CDM, serta 9 agen laku panda di kantor kecamatan," terang Dwi Agus Pramudya.

Ia mengatakan pembukaan KCP Ayah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di wilayah Ayah dan sekitarnya atas jasa layanan perbankan sesuai dengan ijin Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

"Harapannya dapat mendukung program-program pemerintah. Khususnya Kabupaten Kebumen dalam pengembangan ekonomi daerah," imbuhnya.

Hadir pada peresmian itu, Kapolres Kebumen AKBP Robert Pardede, Komandan Kodim 0709 Kebumen Letkol Inf Zamril Philiang, serta sejumlah pejabat di jajaran Pemkab Kebumen.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Kebumen Yazid Mahfudz, meminta Bank Jateng untuk memberikan perhatian lebih kepada para pelaku UMKM di Kabupaten Kebumen. Sehingga para pelaku UMKM mudah dalam mengakses permodalan.

"Dukungan perbankan, termasuk Bank Jateng Cabang Pembantu Ayah terhadap UMKM sangatlah diperlukan. Apalagi kita memahami, bahwa peranan UMKM dalam mendukung kestabilan dan kekuatan perekonomian daerah begitu besar," katanya.

Selain itu, Bank Jateng Cabang Pembantu Ayah diminta untuk terus mengkaji peluang-peluang usaha yang dapat dibuka dalam menciptakan kemitraan usaha dengan berbagai pihak di Kabupaten Kebumen. Ini perlu demi memajukan dan menyejahterakan masyarakat Kabupaten Kebumen.

"Jika kemitraan yang dikembangkan Bank Jateng Cabang Pembantu Ayah  Kebumen berkembang baik, maka saya kira kebaikan itu tidak hanya dirasakan oleh masyarakat, tetapi juga akan bisa dinikmati kembali oleh Bank," ungkapnya.

Menurutnya, masyarakat yang berdomisili di Kecamatan Ayah dan sekitarnya, menyambut baik dan penuh antusias atas diresmikannya Kantor Cabang Pembantu ini. Sebab, Kecamatan Ayah sebagai salah satu wilayah yang memiliki daya tarik investasi tersendiri bagi para investor.

"Kondisi ini tentu sangat kami syukuri, yang selanjutnya memotivasi kami untuk terus memperbaiki iklim investasi dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Kebumen," kata Yazid Mahfudz.

Selain itu, adanya Kantor Cabang Pembantu Ayah  Kebumen semakin menambah harapan akan kemudahan akses keuangan. "Sehingga Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Kebumen akan semakin berkembang ke arah yang lebih baik, utamanya dari sisi dukungan permodalan," tegasnya.(*)

Powered by Blogger.