Dikukuhkan, Relawan Demokrasi Diminta Mampu Tekan Angka Golput di Kebumen

www.inikebumen.net KARANGANYAR - Sebanyak 55 relawan demokrasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kebumen dilantik di Hotel Candisari Karanganyar, Rabu 23 Januari 2019. Mereka terpilih dari seleksi secara ketat, hingga akhirnya dinyatakan lulus.
Dikukuhkan, Relawan Demokrasi Diminta Mampu Tekan Angka Golput di Kebumen
Ketua KPU Kebumen Yulianto mengukuhkan relawan demokrasi di Hotel Candisari Karanganyar
Ketua KPU Kebumen, Yulianto menjelaskan, tugas dan tanggungjawab 55 relawan demokrasi untuk mendorong kualitas pendidikan pemilih dan meningkatkan partisipasi masyarakat pada Pemilu 2019.

"Relawan demokrasi dibentuk sebagai sebuah gerakan sosial dengan dilatarbelakangi oleh trend penurunan partisipasi dan penurunan kualitas memilih," kata Yulianto, disela-sela acara.

Melalui Relawan Demokrasi ini, pihaknya berharap akan mendongkrak angka partisipasi dan kualitas pemilih dalam menggunakan hak pilihnya pada pemilu 2019 di Kebumen.

Menurut Yulianto, Relawan Demokrasi menjadi salah satu ujung tombak KPU yang bertugas memberikan sosialisasi tentang pemahaman dan tahapan pemilu kepada komunitas atau masyarakat.

"Sehingga diharapkan jumlah angka partisipasi pemilih meningkat dan berkualitas. Hal ini agar visi KPU terwujud dalam pelaksanaan pemilu 2019," ujarnya.

Karena itu, pihaknya, memberikan pembekalan kepada tim relawan demokrasi tersebut agar dapat menjalankan tugasnya dengan sebaik-baiknya. Pembekalan tersebut misalnya pemahaman tentang demokrasi, mekanisme dan tahapan pemilu, prinsip-prinsip kode etik penyelenggaraan pemilu, penyampaian informasi melalui media, dan lainnya.

Usai dikukuhkan, para relawan demokrasi langsung mengikuti bimbingan teknis (bimtek). Bimtek yang diberikan terkait pemahamam kepemiluan, tahapan pelaksanaan Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden/Wakil Presiden yang akan dihelat pada 17 April 2019 mendatang.(*)
Powered by Blogger.