Jelang Imlek, Masyarakat Tionghoa Kebumen Gelar Upacara Antar Roh Suci Para Dewa

www.inikebumen.net KEBUMEN - Warga Tionghoa Kebumen melakukan ibadah dengan khusuk di Klenteng Kong Hwie Kiong Kebumen, Selasa sore, 29 Januari 2019.
Warga Tionghoa Kebumen mengikuti sembahyang sang an di Klenteng Kong Hwie Kiong Kebumen
Mereka menggelar sembahyang sang ang untuk menyambut Tahun Baru Imlek 2570. Upacara tersebut untuk menghantarkan kongco makco atau dewa dewi ke langit untuk melaporkan keadaan umat manusia di bumi selama setahun terakhir.

Upacara tersebut dilakukan setiap satu tahun sekali, tepatnya sekitar satu minggu sebelum datangnya Tahun Baru Imlek. Ritual yang dimulai pukul 15.30 hingga pukul 16.30 WIB diikuti puluhan warga keturunan Tionghoa di Kebumen.

Sembahyang tersebut dilakukan di hadapan setiap altar para dewa dan dewi yang ada di Klenteng Kong Hwie Kiong Kebumen. Dengan membakar hio, mereka mengikuti doa diam di depan altar. Selain itu, doa bersama juga digelar di depan klenteng.

"Ritual ini digelar sebagai permohonan maaf atas kesalahan, baik yang disengaja atau tidak selama setahun," ujar Ketua Yayasan Kong Hwie Kion Sugeng Budiawan.

Ia menjelaskan sembahyang tersebut sekaligus menjadi sembahyang terakhir untuk menutup tahun. "Dengan adanya ibadah ini, juga membuat suasana Klenteng menjadi kembali suci," terangnya.

Hari raya imlek 2570 akan diperingati pada 5 Februari 2019. Pada 2019 ini, merupakan Tahun Babi Kayu yang merupakan tahun sangat berbahagia.(*)
Powered by Blogger.