Perbaikan Tanggul Jebol di Adimulyo Ditarget Selesai Sepekan

www.inikebumen.net ADIMULYO - Perbaikan tanggul jebol di Desa Adiluhur, Kecamatan Adimulyo, ditarget selesai dalam sepekan. Tanggul ini jebol akibat hujan deras yang tiada henti beberapa waktu lalu. Akibatnya, ratusan rumah warga dan ratusan hektar lahan pertanian terendam banjir.
  Perbaikan Tanggul Jebol di Adimulyo Ditarget Selesai Sepekan
Perbaikan tanggul jebol di Desa Adiluhur, Kecamatan Adimulyo terus dikebut.
Komandan Kodim 0709 Kebumen Letkol Inf Zamril Piliang memimpin langsung perbaikan tanggul itu sejak Minggu, 20 Januari 2019 dan ditargetkan selesai pada Sabtu 26 Januari 2019 mendatang. Ribuan TNI, Polri, relawan BPBD dan warga setempat diterjunkan dalam perbaikan itu.  

"Dampak dari jebolnya tanggul ini cukup memprihatinkan. Karena itu kami bergerak untuk memperbaiki tanggul secepat mungkin," terang Zamril Piliang, disela-sela memimpin perbaikan tanggul, Selasa, 22 Januari 2019.

Zamril menjelaskan, perbaikan sementara dilakukan dengan cara menutup tanggul yang jebol menggunakan 5.000 karung pasir yang didatangkan dari Pantai Bopong.

"Nantinya kita buat penahan derasnya aliran air kali yang bersebelahan langsung dengan ratusan hektar lahan pertanian dan perumahan warga," ujarnya, bersama Sekda Kebumen Ahmad Ujang Sugiono.

Adapun panjang tanggul jebol sepanjang 25 meter dengan ketinggian 8 meter. Pihaknya berharap selama pengerjaan ini tak ada kendala berarti. "Jika hujan turun kita tunda, saat cerah kita kebut agar cepat selesai," imbunya.
  Perbaikan Tanggul Jebol di Adimulyo Ditarget Selesai Sepekan
Penutupan tanggul jebol dilakukan dengan cara ditutup menggunakan karung pasir
Pada kesempatan yang sama Sekda Ahmad Ujang Sugiono,bersama rombongan dari pemerintah kabupaten yang melakukan peninjauan kelokasi berharap perbaikan tanggul ini bisa cepat diselesaikan.

"Saya berterimakasih kepada jajaran TNI, Polri dan warga desa yang telah saling membahu memperbaiki tanggul ini. Kepada warga petani yang terkena musibah agar selalu bersabar . Pemerintah kabupaten akan berupaya menanggulangi bencana ini," tegasnya.(*)
Powered by Blogger.