Rumah Nenek Sebatangkara di Puring Bakal Diperbaiki

www.inikebumen.net KEBUMEN - Kondisi Nenek Sainah (84), warga Desa Wetonwetan, Kecamatan Puring, yang tinggal sebatangkara akhirnya mendapat perhatian dari Sedulur Kebumen dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kabupaten Kebumen.
 Rumah Nenek Sebatangkara di Puring Bakal Diperbaiki
Komandan Kodim 0709 Kebumen Letkol Inf Zamril Philiang, saat meninjau kondisi Nenek Saindah di Desa Wetonwetan, Kecamatan Puring.
Mendapat dukungan penuh dari Wakil Asisten Teritorial Kepala Staf Angkatan Darat (Waaster Kasad) Brigjen Gathut Setyo Utomo, rumah yang sangat tidak layak huni itu pun direhab. Material bedah rumah sudah mulai dikirimkan ke lokasi Senin, 28 Januari 2019.

Bahkan, Komandan Kodim 0709 Kebumen Letkol Inf Zamril Philiang dan Kapolres Kebumen AKBP Robert Pardede meninjau langsung kondisi Nenek Sainah dan gubuk reotnya.

Saat ditinjau, Nenek Sainah hanya rebahan di tempat tidurnya yang jauh dari kata nyaman. Karena kondisinya yang sudah tua tidak bisa beraktivitas ke luar rumah.

BACA JUGA:
Tinggal Sebatangkara, Nenek Lansia di Puring ini Butuh Bantuan  


Kapolres Kebumen AKBP Robert Pardede, menjelaskakn saat dilakukan peninjauan, dinding bambu dari anyaman bambu sebagian sudah lapuk dan menganga.

Bahkan untuk kepentingan makan sehari- hari, ia harus mendapatkan bantuan dari warga sekitar, yang dilakukan secara bergilir dan sukarela.

"Saat kami cek kondisinya sangat memprihatinkan. Rumahnya sudah sangat tidak layak untuk dihuni. Sehingga kami memutuskan, hari ini juga mulai dibedah dan direnovasi," ujarnya.
 Rumah Nenek Sebatangkara di Puring Bakal Diperbaiki
Material pembangunan rumah Nenek Sainah sudah mulai dikirimkan, Senin, 28 Januari 2019.
Ia melanjutkan, dana yang dilakukan untuk bedah rumah berasal dari donatur putra-putri Kabupaten Kebumen yang peduli terhadap Kebumen.

Estimasi pengerjaan renovasi bedah rumah kurang lebih akan membutuhkan waktu kurang lebih 7-10 hari. Pengukuran dan droping material bangunan serta pembersihan dilakukan mulai hari ini.

Selama proses bedah rumah, selain melibatkan warga sekitar, personel Kodim 0709 Kebumen, Polres Kebumen dan Polsek Puring, Banser, Komunitas Sedulur Kebumen juga turut dikerahkan membantu pengerjaan renovasi bedah rumah.

"Selama proses bedah rumah, Ibu Sainah akan kita bujuk sementara waktu tinggal di Puskesmas, sekaligus untuk dilakukan pengecekan kesehatan di sana. Karena saat kami cek siang tadi, kondisinya seperti kurang sehat," imbuhnya.(*)

Powered by Blogger.