Komunitas Pilot Drone Kebumen Resmi Terbentuk

www.inikebumen.net KEBUMEN - Jumlah penghobi drone di Kebumen terus bertambah. Hingga awal Februari 2019 saja sudah mencapai 20 orang. Untuk menjalin komunikasi, komunitas pilot drone Kebumen pun akhirnya terbentuk.

FASI Drone Kebumen Terbentuk, Jadi Wadah Kumpulnya Para Pecinta Pesawat Tanpa Awak
Disela-sela first gathering, penghobi drone menjajal drone di halaman parkir Hotel Meotel Kebumen.
Komunitas yang diberi nama Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) Drone Kebumen ini terbentuk pada First Gathering di Hotel Meotel Kebumen, Minggu, 17 Februari 2019. Acara tersebut dihadiri oleh sejumlah pilot drone yang ada di Kebumen.

"Keepan, FASI Drone Kebumen harus bisa menjadi wadah kegiatan olahraga drone yang positif. Serta membawa setiap anggota untuk menjadi lebih produktif dalam memanfaatkan drone yang dimiliki," ujar Penggagas First Gathering FASI Drone Kebumen, Santoso Budiawan, bersama Rizal Kebumen Aerial.

Santoso menjelaskan, sebelum terbentuk FASI Drone Kebumen sudah ada komunitas dengan nama Kebumen Aerial. Namun karena keluar banyak yang keluar sehingga komuintas ini tersisa satu orang.

"Bro Rizal inilah yang kemudian terus menggunakan nama Kebumen Aerial hingga sekarang," terangnya.

Seiring dengan berjalannya waktu, mulai tumbuh penghobi drone di Kebumen. Selama ini komunikasi antar penghobi drone terjalin melalui grup WA. "Hingga akhirnya kita sepakati membentuk FASI Drone Kebumen," imbuhnya.

Pemain Drone Senior Kebumen, Rizal, berharap dengan terbentuknya komunitas tersebut para penghobi drone di Kebumen akan memahami regulasi yang harus ditaati.  

"Kedepan harus ada lisensi di bawah FASI. FASI sendiri berada di bawah AAU  (Akademi Angkatan Udara)," ujarnya.

Untuk diketahui, drone atau pesawat tanpa awak awalnya dirancang untuk keperluan militer. Namun seiring perkembangan jaman, drone menjadi salah satu perangkat canggih untuk keperluan aerial photography atau fotografi udara.(*)
Powered by Blogger.