Header Ads

Kecam Puisi Fadli Zon, Ratusan Santri Demo di DPRD Kebumen

www.inikebumen.net KEBUMEN - Ratusan santri dari Aliansi Santri Pembela Kiai (Aspek) Kabupaten Kebumen menggelar aksi damai di depan DPRD Kebumen, Jumat siang, 15 Februari 2019.

Kecam Puisi Fadli Zon, Ratusan Santri Demo di DPRD Kebumen
Ratusan santri yang tergabung dengan Aliansi Santri Pembela Kiai (Aspek) menggelar demo di depan Gedung DPRD Kebumen, Jumat siang, 15 Februari 2019.
Aksi itu digelar sebagai bentuk protes atas puisi 'Doa yang Ditukar' karya Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon yang menyindir KH Maimun Zubair atau Mbah Moen. Aksi diawali dengan menyanyikan bersama Indonesia Raya, yang dilanjutkan dengan tahlil, pembacaan salawat dan doa bersama atas penghinaan yang dilakukan Fadli Zon kepada kiai.

Koordinator Aksi, Fachrudin Achmad Nawawi, mengatakan puisi yang ditulis Wakil Ketua DPR RI itu telah menghina kiai. Apalagi kiai merupakan keistimewaan bagi para santri dan warga. Oleh karenanya, santri perlu untuk turun ke jalan menggelar aksi damai.

"Kiai adalah keistimewaan bagi santri dan sangat berharga sehingga kehormatan beliau kami jaga. Tapi adanya penghinaan terhadap kiai maka kami dari Aliansi Santri Pembela Kiai menyatakan sikap kami," kata dia saat menyampaikan orasi

Dalam aksinya, para santri menuntut Fadli Zon meminta maaf atas perbuatannya. Selain itu, mereka juga menyampaikan tiga pernyataan. Yakni menolak segala bentuk yang merendahkan marwah kiai. Kemudian, meminta kepada elit politik untuk berpolitik dengan santun tanpa harus menghina kiai. Serta mereka meminta para elit politik meminta menjaga keharmonisan umat beragama berbangsa dan bernegara.

"Petisi ini kami sampaikan kepada seluruh elit politik, khusunya kepada Fadli Zon," tegasnya.

Massa ditemui oleh Wakil Ketua DPRD Kebumen Miftahul Ulum. Politisi PKB itu mengaku akan menyampaikan aspirasi para santri Kebumen ke DPR RI. Sedangn petisi yang diserahkan santri tersebut juga akan dikirimkan ke Bupati Kebumen, Kapolres Kebumen dan Komandan Kodim 0709 Kebumen.

Kecam Puisi Fadli Zon, Ratusan Santri Demo di DPRD Kebumen
Para santri menggelar doa bersama di depan DPRD Kebumen, Jumat siang.
Aksi para santri di Kebumen menyusul puisi doa yang ditukar karya Fadli Zon yang dinilai menghina Mbah Moen. Puisi tersebut sebelumnya juga dikritik Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dan Ketua Umum PPP Romahurmuziy.

Keduanya menuding Fadli menyindir Mbah Moen. Namun, Fadli menepis, jika kata ganti 'Kau' dalam puisi bukanlah Mbah Moen, melainkan 'penguasa dan makelar doa'.

Mbah Moen sebelumnya terekam salah menyebut nama saat membacakan doa di sebelah capres petahana Joko Widodo (Jokowi) yang sedang berkunjung ke Ponpes Al Anwar, Rembang, Jawa Tengah, 1 Februari 2019.

Dalam video itu, Mbah Moen menyebut nama Prabowo. Belakangan, Mbah Moen mengakui bahwa dirinya salah menyebut nama. Ketua Majelis Syariah PPP itu pun menegakan setiap kader partai berlambang Ka'bah itu mendukung Jokowi dalam Pilpres 2019.(*)
Powered by Blogger.