Keren! Dewan Kesenian Luncurkan Kebumen Violin Orchestra

www.inikebumen.net KEBUMEN - Dewan Kesenian Daerah (DKD) Kabupaten Kebumen melaunching Kebumen Violin Orchestra (KVO).

Keren! Dewan Kesenian Luncurkakn Kebumen Violin Orchestra
Kebumen Violin Orchestra (KVO) unjuk kebolehan pada acara pagelaran musik orchestra biola bertajuk Kebumen Violin Orchestra “Confident And Wise With Music”, di Hotel Mexolie Kebumen, Minggu, 24 Februari 2019.
Launching dilakukan oleh Ketua Umum DKD Kebumen Pekik Sat Siswonirmolo, pada acara pagelaran musik orchestra biola bertajuk Kebumen Violin Orchestra “Confident And Wise With Music”, di Hotel Mexolie Kebumen, Minggu, 24 Februari 2019.

Selain dihadiri oleh pengurus DKD Kebumen, acara tersebut juga dihadiri oleh Komunitas Sekolah Rakyat MeluBae (SRMB) Kebumen dan orang tua dari para anggota KVO.

Kebumen Violin Orchestra (KVO) merupakan sebuah kelompok musik dari divisi musik DKD Kebumen. Dengan format orchestra, yang anggotanya terdiri dari anak-anak, para instrumentalis biola hasil bimbingan Taufik Ismail, guru biola yang juga guru di SD Negeri 3 Sawangan, Kecamatan Kuwarasan. Taufik Ismail juga merupakan pemain biola di Sekolah Rakyat MeluBae (SRMB) Kebumen

Pekik Sat Siswonirmolo, berharap KVO yang merupakan anak kandung DKD akan dapat semakin berkembang. "Semoga dapat memberi warna pada kegiatan seni musik di Kebumen," ujarnya disela-sela acara.

Taufik Ismail, menambahkan KVO yang bersekretariat di Perum Mega Biru 1 Jalan Cincin Kota 24 Karangsari, Kecamatan Kebumen adalah tempat "Sinau Ng-orchestranya Kebumen".

KVO didirikan guna memberi ruang pada anak-anak yang sedang dalam proses belajar biola, agar mereka dapat menerapkan ketrampilan bermain biola melalui sajian beragam jenis musik. Mulai dari musik klasik, pop, latin dan dangdut. "Juga mengiringi lagu daerah dan lagi-lagu nasional," terangnya.

Ia berharap anak-anak tersebut akan menjadi lebih terasah ketrampilannya dalam menggesek biola. Kedepan, dia berharap, keberadaan KVO bisa diterima oleh masyarakat dan dilibatkan pada even-even yang diselenggarakan oleh Pemkab Kebumen. Bahkan bisa menjadi kebanggaan masyarakat Kebumen dengan pemain-pemain biola muda yang handal. Sehingga akan ikut meramaikan geliat seni musik di kota Beriman.

Sementara itu, dalam acara tersebut ditampilkan 45 anak violin-violin muda berbakat yang mayoritas masih duduk di bangku sekolah dasar. Bahkan yang termuda masih duduk di kelas 1 Sekolah Dasar. Mereka berasal dari beberapa kecamatan di Kebumen, seperti Kuwarasan, Gombong, Karnganyar, Sruweng, Adimulyo dan Kebumen.

Ketua Panitia Acara, Eni Munfarida, mengatakan pada pagelaran tersebut KVO didampingi oleh beberapa pemain band pendukung. Seperti Toto Suryanto(vocal), Widi (Saxofon), Eri D’Flow (gitar), Kipli (bass), Nur Bulles (drum), Hasbun (piano), dan Mas Damar (sound enginering).

Penampilan mereka cukup memukau penonton. Memainkan enam lagu yang arasemen Taufik Ismail, pimpinan yang juga sekaligus berperan sebagai Aranger pada orchestra KVO.

Keenam lagu tersebut yakni Cantik (Siti Badriyah), Symponie yang Indah (Once), Penasaran ( Rhoma Irama), Kopi Dangdut (Fahmi Sahap), Despacito (Luiz Fonzi) dan You Rias Me Up (Josh Groban).(*)

Powered by Blogger.