Keren ! Warga RW 04 Kelurahan Kebumen Lunasi PBB Pakai Sampah

www.inikebumen.net KEBUMEN - Warga RW 04 Kelurahan/Kecamatan Kebumen melunasi pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) menggunakan sampah. Ratusan warga terlihat melunasi pajak daerah itu, Rabu, 20 Februari 2019.

Keren ! Warga RW 04 Kelurahan Kebumen Lunasi PBB Pakai Sampah
Warga RW 04 Kelurahan Kebumen membayar PBB tahun 2019 dengan sampah yang dikelola oleh Bank Samiun.
Ketua RW 04 Kelurahan Kebumen Asnawi Bahtiar, mengatakan warganya menyambut baik pembayaran PBB. Hal itu lantaran  mereka tidah merogoh kocek pribadi, tapi cukup dari hasil tabungan sampah yang di kelola oleh kelurahan melalui Bank Samiun. Yang merupakan salah satu inovasi dan program unggulan Kelurahan Kebumen.

Bank Samiun merupakan Bank Sampah atau tempat pengumpulan sampah dari masyarakat Kelurahan Kebumen. "Hasilnya menjadi tabungan masyarakat, kemudian digunakan untuk bayar pajak PBB tahun 2019, sehingga pembayaran PBB menjadi tepat waktu," terang Asnawi, Rabu siang.


Salah satu nasabah Bank Samiun, Sugeng Riyadi, menuturkan membayar pajak PBB dengan hasil tabungan sampah yang dikelola Kelurahan Kebumen sangat membantu meringankan beban masyarakat. "Sehingga kita tidak lagi pusing dalam membayar Pajak Bumi dan Bangunan," ujarnya.

Lurah Kebumen, Dede Suntoro, mengungkapkan Kelurahan Kebumen memiliki baku atau nominal yang dibayarkan pada PBB tahun ini yang harus dibayarkan mencapai Rp 1,341 miliar lebih. Jumlah ini merupakan yang terbesar untuk tingkat kelurahan dan desa di Kabupaten Kebumen.

Sedangkan, untuk wilayah RW 04 saja memiliki jumlah baku yang harus dibayarkan sebesar Rp 68.794.192. Yang terbagi dalam 267 obyek pajak.

"Program pembayaran PBB dengan menukarkan tabungan sampah (Bank Samiun) ini sudah berjalan dari sejak 2016 sampai saat ini. Alhamdulillah ini sangat membantu masyarakat dan petugas," bebernya.

Sementara itu, Sekretaris Camat Kebumen, Ngadiyo, menegaskan meski belum mampu melunasi PBB satu hari lunas. Tetapi pihaknya sangat mengapresiasi program Bank Samiun. "Karena memang manfaatnya sangat banyak, " tuturnya.(*)
Powered by Blogger.