Header Ads

Mantap! Banser NU Kebumen Perbaiki Gereja di Poncowarno

www.inikebumen.net PONCOWARNO - Barisan Ansor Serbaguna Nahdlatul Ulama (Banser) bersama TNI, Polri dan Komunitas Sedulur Kebumen memperbaiki sebuah gereja di Dukuh Legok, Desa Blater, Kecamatan Poncowarno. Aksi ini merupakan bagian dari program bedah rumah yang digagas oleh Komunitas Sedulur Kebumen.

Mantap! Banser NU Kebumen Perbaiki Gereja di Poncowarno
Banser, bersama TNI dan Polri ikut memperbaiki Gereja di Desa Blater, Kecamatan Poncowarno.
Pelaksana Program Bedah Rumah Sedulur Kebumen, Bambang Suhaji, menjelaskan gereja yang diperbaiki karena masih berlantai tanah, sebagian tembok retak dan belum dicat.

"Lantainya itu tanah yang masih labil, kita ratakan terus dipasang keramik. Kemudian temboknya juga belum diplamir, ya kita perbaiki dicat seluruh bangunannya," terang Bambang Suhaji, yang juga sesepuh Banser PCNU Kebumen, Sabtu sore.

Hingga Sabtu sore, kata Bambang Suhaji, keramik sudah selesai dipasang. Tinggal pengecatan di bagian luar bangunan. "Termasuk di kamar mandinya. Insya Allah besok Minggu selesai," ujarnya.

Perbaikan gereja dimulai pada Kamis, 7 Februari 2019. Hanya butuh waktu tiga hari mereka dapat menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Penatua Gereja Kristen Jawa (GKJ) Kutowinangun, Hardi Nugroho, mengatakan gereja di Desa Blater, merupakan bagian dari tempat pelayanan GKJ Kutowinangun. "Kami berterima kasih atas perhatian ini," ucapnya.

Pria yang juga pegiat Komunitas Sedulur Kebumen ini  menceritakan, sebenarnya gereja tersebut sudah cukup lama berdiri. Dulunya, bangunannya masih berupa rumah papan yang sudah dimakan rayap.

Kemudian, pada 2017 atas swadaya dari jemaat dan donatur gereja tersebuut direnovasi. Tetapi, karena biayanya belum mencukupi maka pembangunannya terhenti.

"Dengan rehab rumah dan finsisng gereja ini sebagai bukti keyakinan tidak membatasi aksi kemanusiaan," kata Hardi Nugroho.

Dengan pebaikan itu, kata Hardi, gereja akan semakin layak dan nyaman untuk beribadah. "Apalagi rata-rata jemaatnya lansia," imbuhnya.

Ia menambahkan, jemaat yang beribadah di gereja tersebut selain dari desa setempat. Juga dari desa lain di Kecamatan Poncowarno, yakni Tegalrejo, Kedungdowo dan Desa Karangtengah. "Kami menyampaikan ucapan terima kasih atas kebaikan ini," tutupnya.(*)

Powered by Blogger.