MTs Negeri 1 Kebumen Juara Umum MAPK Fair 2019 di Surakarta

www.inikebumen.net SURAKARTA - Kontingen MTs Negeri 1 Kebumen berhasil keluar sebagai juara umum PADA MAPK Fair 2019 di Surakarta, Senin, 25 Februari 2019 lalu.

MTs Negeri 1 Kebumen Juara Umum MAPK Fair 2019 di Surakarta
Kontingen MTsN 1 Kebumen juara umum MAPK Fair 2019 di Surakarta
Lomba yang diselenggarakan Organisasi Pelajar Program Keagamaan (OPPK) Madrasah Aliyah Program Keagamaan (MAPK) MAN1 Surakarta meliputi: Pidato (Bahasa Indonesia, Bahasa Arab, Bahasa Inggris), Story Telling, Kaligrafi, Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ), Musabaqah Hifdzil Quran (MHQ), Cerpen dan Vlog.

Even yang diselenggarakan setiap tahun tersebut diikuti pelajar-pelajar SMP/MTs negeri dan swasta dari berbagai kabupaten/kota di Jateng dan DIY. Kontingen siswa-siswi MTs Negeri 1 Kebumen bersama guru pendamping Irham Basyir (koordinator), Astri Sugiarti, Taufiqurahman dan Jafar Mudzakir, berhasil meraih tiga gelar juara I dan satu gelar juara II.

Gelar itu meliputi juara I MTQ Nur Fadilah Aulia Lutfi (siswa kelas 8B), juara 1 kaligrafi Maezha Yashi Nailah (8B), juara 1 story telling Naura Kansa Sifana kelas (8B), dan juara 2 MHQ Fikhri Sangadah (9E).

Dalam cabang MTQ Nur Fadilah Aulia Lutfi menjadi yang terbaik dari keseluruhan peserta. Kriteria yang dinilai dari peserta MTQ adalah lagu dan suara, fashohah dan adab, tajwid dan makhorijul huruf serta ketepatan waktu.

Peserta MTQ membaca salah satu maqro', yaitu Al Waqiah mulai ayat 1, Al Baqarah mulai ayat 104, Al Isra mulai ayat 1, Lukman mulai ayat 12 dan Al Mukminun mulai ayat 1.

Dalam cabang MTQ Nur Fadilah Aulia Lutfi menjadi yang terbaik dari keseluruhan peserta. Kriteria yang dinilai dari peserta MTQ adalah lagu dan suara, fashohah dan adab, tajwid dan makhorijul huruf serta ketepatan waktu. Peserta MTQ membaca salah satu maqro', yaitu: Al Waqiah mulai ayat 1, Al Baqarah mulai ayat 104, Al Isra mulai ayat 1, Lukman mulai ayat 12 dan Al Mukminun mulai ayat 1.

Untuk kaligrafi, karya Maezha Yashi Nailah menjadi yang terbaik. Penilaiannya meliputi kaidah penulisan, kombinasi warna, keindahan, kerapian dan kebersihan serta kebenaran harokat.

Pada cabang lomba ini, peserta melukis salah satu dari 4 kalimat dalam bahasa Arab yang ditentukan panitia, yaitu rubba qaulin asyaddu shaulin, qiimatu kulli ni'matin syukruuha, al 'ilmu hijaabul afaati atau malladzdzata illa ba'dat ta'ab.

Naura Kansa Sifana berhasil menjadi yang terbaik untuk cabang story telling yang mengangkat tema "Cerita Rakyat Indonesia". Penilaian didasarkan pada substansi/isi, bahasa dan penampilan.

Selanjutnya Fikhri Sangadah berhasil menjadi yang terbaik kedua untuk cabang MHQ. Pada cabang ini peserta wajib menguasai juz 1 dan 30 atau juz 29 dan 30. Kriteria yang dinilai: tajwid dan makhorijul huruf, kelancaran dalam menghafal ayat-ayat yang diujikan, fashohah dan adab serta lagu dan suara.

Pada cabang lomba lainnya, siswa-siswi MTs N 1 Kebumen belum berhasil mengungguli peserta lainnya.

Atas prestasi yang diraih tersebut, Irham Basyir selaku koordinator kontingen menyambut gembira, "Semoga lebih memotivasi para siswa untuk lebih giat belajar dan berprestasi," harapnya.(*)
Powered by Blogger.