Peringati HPSN, Bupati Kebumen Imbau Masyarakat Gunakan Tumbler

www.inikebumen.net PETANAHAN - Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2019, Bupati Kebumen Yazid Mahfudz, bersama Direktur Pengelolaan Bahan Berbahaya Beracun (PB3) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Yun Insiani, melakukan kerja bakti membersihkan sampah di Pantai Petanahan. Kegiatan tersebut digelar obyek wisata milik Pemkab Kebumen tersebut pada Minggu pagi, 24 Februari 2019.

Peringati HPSN, Bupati Kebumen Imbau Masyarakat Gunakan Tumbler
Bupati Kebumen Yazid Mahfudz, memberikan sambutan pada puncak peringatan Hari Peduli Sampah Nasional di Pantai Pandankuning Petanahan, Minggu pagi.
Aksi Beach Cleanup atau bersih-bersih pantai itu diikuti oleh Kapolres Kebumen AKBP Robert Pardede, Forkompimda, Sekda Ahmad Ujang Sugiono, seluruh Pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Kebumen. Serta ribuan lainnya dari pelajar, hingga aktivis peduli lingkungan.

Selain membersihkan sampah, di tempat itu dilakukan penanaman pohon dan bagi-bagi tumbler untuk peserta aksi melalui kegiatan "Gerakan 1000 tumbler".

Pada kesempatan itu, Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz, mengimbau warga Kebumen untuk menggunakan tumbler. "Saya berharap ini akan menjadi gerakan bersama. Sebuah sinergi dan kolaborasi besar untuk  mengelola sampah, menyehatkan lingkungan dan mengatasi persampahan," ujar Yazid Mahfudz.

Bupati juga meminta warga mulai menggunakan kantong ramah lingkungan setiap kali berbelanja. Yakni mengurangi penggunaan kantong plastik sekali pakai. "Lakukan gerakan-gerakan tumbler, gerakan membawa kantong ramah lingkungan," tegasnya.

Menurutnya, penggunaan tumbler dan kantong ramah lingkungan oleh warga berkontribusi untuk mengurangi sampah plastik sekali pakai. Dengan demikian, pencemaran lingkungan oleh sampah plastik bisa berkurang.

"Mari maksimalkan tekad dan ikhtiar untuk mencapai target 100 persen sampah dikelola pada tahun 2025. Terdiri atas pengurangan sampah 30 persen dan penanganan sampah 70 persen," kata dia.

Ia menegaskan Pemkab Kebumen sangat serius menangani permasalahan sampah. Diantaranya dengan menerbitkan Perda Nomor 34 tahun 2011 tentang pengelolaan sampah. Kemudian, Perbup Kebumen Nomor 46 tahun 2018 tentang kebijakan dan strategi daerah dalam pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga.

Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Perkim LH) Kebumen Edi Rianto, menambahkan aksi Beach Cleanup digelar serentak di delapan tempat di Jawa Tengah.

"Yakni di Pantai Wisata Sendang Sikucing Kendal, Pasar Saporete Brebes, Pantai Alam Indah dan Hutan Kota Mintaragen Tegal. Kemudian, Desa Wonokerso, Limpung Batang, TPA Bandengan dan Pantai Blebak Jepara dan Pantai Petanahan Kebumen," terangnya.

Ia menambahkan, kegiatan lain telah digelar, diantaranya edukasi mengenai pengelolaan sampah di TPA Kaligending, kerja bakti di Alun-alun Karanganyar dan Kebumen. Kemudian, gerakan kebersihan sekolah yang dilaksanakan oleh sekolah-sekolah adiwiyata. "Puncaknya adalah beach clean up di Pantai Petanahan ini," imbuhnya.

Pada kesempatan itu juga dilaunching surat edaran tentang pengurangan penggunaan plastik. Edaran tersebut ditujukan kepada seluruh pimpinan OPD, Camat, sekolah hingga kepala desa/lurah.(*)

Powered by Blogger.