Header Ads

Ribuan Guru di Kebumen Ikuti Pelatihan Smart Teaching

www.inikebumen.net KEBUMEN - Sedikitnya 1.000 guru di Kabupaten Kebumen  mengikuti Pelatihan Smart Teaching di Hotel Mexolie Kebumen, Senin-Rabu, 18-20 Februari 2019. Para guru yang mengikuti pelatihan berasal PAUD, SD/MI dan SMP/MTs.

Ribuan Guru di Kebumen Ikuti Pelatihan Smart Teaching
Pelatihan smart teachingPelatihan sm diikuti oleh seribu guru PAUD, SD/MI dan SMP/MTs.
Pelatihan itu diselenggarakan atas kerjasama Pemkab Kebumen, BNI, Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) dan Yayasan Pendidikan Adiluhung Nusantara (YPAN).

Pelatihan menghadirkan trainer Aji Syafa dan Andi Suryawan dari Yayasan Pendidikan Adiluhung Nusantara (YPAN) Yogyakarta dengan materi terkait pengembangan metode pembelajaran yang efektif, kreatif, inovatif dan menyenangkan bagi siswa.

Manager Program Yayasan Pendidikan Adiluhung Nusantara (YPAN) Tollaalbadru menjelaskan, guru yang mengikuti pelatihan itu terdiri atas 400 guru PAUD, 400 guru SD/MI dan 400 guru SMP/MTs.

Masing-masing kelompok mengikuti pelatihan secara terpisah. Melalui pelatihan ini, guru diharapkan dapat melakukan pembelajaran dengan metode yang menyenangkan.

"Sehingga mata pelajaran Matematika dan Bahasa Inggris tidak lagi menjadi momok namun menjadi mata pelajaran yang menyenangkan dan disukai para peserta didik," ujarnya.

Acara itu dibuka oleh Plt Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kebumen,  Sudirman, pada Senin, 18 Februari 2019. Dalam sambutannya, Sudirman menyampaikan guru kini dituntut menciptakan dan mengembangkan suasana belajar di kelas menjadi nyaman dan menyenangkan bagi siswa.

Untuk beberapa mata pelajaran tidak lagi menjadi momok, Akan tetapi sebaliknya, harus menjadi mata pelajaran yang disukai siswa.

"Karenanya pelatihan ini penting untuk menjadikan guru lebih cerdas dalam mendesain pembelajaran di kelas agar tidak membosankan, memotivasi dan membantu siswa dalam meningkatkan pengetahuan dan ketrampilannya sehingga dapat meraih prestasi nantinya," terangnya.

Menurutnya, guru tak sekadar berperan sebagai inspirator, tauladan, dan motivator para siswa dalam menggali potensi siswa. Hal yang terpenting adalah komitmen sebagai tenaga pendidik dalam meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya di Kebumen.

"Guru berperan penting dalam menjaga minat dan semangat siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Karenanya, dalam pelatihan ini para guru dapat mengikuti secara seksama materi yang disampaikan para trainer terkait smart teaching ini," tegasnya.(*)

Powered by Blogger.