Header Ads

Siap-siap Daftar! Pemkab Kebumen Usulkan 219 Formasi PPPK

www.inikebumen.net KEBUMEN - Pemkab Kebumen mengusulkan 219 formasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahap I kepada MenPAN RB. Usulan tersebut telah dikirimkan sejak pekan lalu.

Siap-siap Daftar! Pemkab Kebumen Usulkan 219 Formasi PPPK
Ilustrasi
"Sudah kita usulkan, kita masih menunggu yang disetujui berapa," terang Sekretaris Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah, Asep Nurdiana, kepada inikebumen.

Awalnya, jumlah formasi PPPK berdasarkan database MenPAN RB dan BKN yang diterima Pemkab Kebumen sebanyak 213. Namun, setelah dilakukan verifikasi bertambah menjadi 2019. Jumlah inilah yang diusulkan kepada pemerintah pusat.

"Formasinya Honorer K2, Tenaga Kesehatan dan Tenaga Penyuluh Pertanian," ujarnya.

Pihaknya masih menunggu persetujuan dari MenPAN dan BKN, serta menunjuk teknis lebih lanjut terkait rekrutmen tersebut.

Dilansir dari laman www.menpan.go.id, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) Syafruddin menjelakan, proses rekrutmen PPPK tahap I dilakukan mulai tanggal 8 Februari 2019.

Sekitar 150.000 eks Tenaga Honorer Kategori II dan penyuluh pertanian dari Kementerian Pertanian yang memenuhi ketentuan peraturan perundangan dan sudah terdaftar di database Badan Kepegawaian Negara (BKN) berpotensi dapat mendaftar dan mengikuti seleksi.

Khusus untuk penyuluh pertanian yang diangkat oleh Kementerian Pertanian (Kementan), database-nya ada pada Kementan dan BKN. Adapun pendaftaran secara online dilakukan tanggal 10-16 Februari melalui laman sscasn.bkn.go.id.

Untuk jabatan guru di lingkungan pemerintah daerah, mempunyai kualifikasi pendidikan minimal S-1 dan masih aktif mengajar sampai saat ini (dapat dicek di http://info.gtk.kemdikbud.go.id).

Untuk tenaga kesehatan mempunyai kualifikasi pendidikan minimal D-III bidang kesehatan dan mempunyai sertifikat (STR) yang masih berlaku (bukan STR internship), kecuali untuk Epidemiolog, Entomolog, Administrator Kesehatan, dan Pranata Laboratorium Kesehatan mempunyai kualifikasi pendidikan D-III/S-1 Kimia/Biologi.

Adapun untuk Penyuluh Pertanian mempunyai kualifikasi pendidikan minimal SMK bidang pertanian atau SLTA plus sertifikasi di bidang pertanian.

Berdasarkan database BKN, tercatat sebanyak 5.527 eks THK-II bidang kesehatan, dan guru/dosen sebanyak 129.938 orang. Adapun penyuluh pertanian, tercatat 15.355 orang, terdiri dari penyuluh pertanian yang direkrut oleh pemda sebanyak 454 orang dan penyuluh pertanian yang direkrut oleh Kementerian Pertanian sebanyak 14.901 orang.(*)

Powered by Blogger.