Tahun ini, Masjid Agung Kauman Kebumen Terima Dana Hibah Rp 250 Juta

www.inikebumen.net KEBUMEN - Masjid Agung Kauman Kebumen mendapat bantuan dana hibah sebesar Rp 250 juta dari Pemkab Kebumen. Dana tersebut rencananya akan digunakan untuk melengkapi menara masjid.

Tahun ini, Masjid Agung Kauman Kebumen Terima Dana Hibah Rp 250 Juta
Masjid Agung Kauman Kebumen
"Rencananya untuk pemasangan lampu menara," ujar Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Kebumen, Wahib Tamam, pada acara sosialisasi pencairan hibah untuk lembaga keagamaan tahun 2019 di Pendopo Rumdin Bupati Kebumen, Rabu, 27 Februari 2019.

Sebelumnya, pada tahun 2016 lalu, Masjid Agung Kauman Kebumen mendapat dana hibah sebesar Rp 4 miliar. Anggaran yang bersumber dari APBD Kabupaten Kebumen itu merenovasi masjid dan sarana pendukungnya.

Sementara itu, sebanyak 169 lembaga keagamaan di Kabupaten Kebumen tahun ini menerima bantuan keuangan dengan total bantuan Rp Rp 3,065 miliar.
Dana hibah tersebut bersumber dari APBD tahun anggaran 2019. 

Lembaga keagamaan penerima bantuan itu meliputi 3 gereja dengan total Rp 75 juta (masing-masing Rp 25 juta), 3 Madrasah Diniyah (Madin) total Rp 30 juuta (masing-masing Rp 10 juta).

Kemudian, 62 masjid total Rp 1,775 miliar, masing-masing Rp 25 juta kecuali Masjid Agung Kauman Kebumen sebesar Rp 250 juta. Selanjutnya, 80 musholla total Rp 800 juta (masing-masing Rp 10 juta), 9 pondok pesantren total Rp 225 juta (masing-masing Rp 25 juta), 11 TPQ total Rp 110 juta (masing-masing Rp 10 juta), dan bantuan dana hibah untuk MUI sebesar Rp 50 juta.

Dalam sambutannya, Bupati Kebumen Yazid Mahfudz, menyampaikan pemberian bantuan dana hibah untuk tempat ibadah sebagai upaya untuk mengoptimalkan peran tempat ibadah dalam mendukung pembangunan keagamaan.

"Saya berharap tempat ibadah, TPQ/Madin difungsikan secara baik. Masjid dan tempat ibadah lainnya merupakan tempat yang strategis untuk membina dan menggerakan potensi umat dalam mewujudkan SDM yang tangguh dan berkualitas," tandasnya.(*)
Powered by Blogger.